Ketua IPNU Banyuwangi: Pemahaman Organisasi Jadi Modal Berkhidmah

PC IPNU Banyuwangi menggelar pemahaman aturan organisasi. (Foto: NU Online/M Soleh K)
PC IPNU Banyuwangi menggelar pemahaman aturan organisasi. (Foto: NU Online/M Soleh K)
PC IPNU Banyuwangi menggelar pemahaman aturan organisasi. (Foto: NU Online/M Soleh K)

Banyuwangi, NU Online

Kekompakan dan kolaborasi antarpengurus dalam sebuah wadah organisasi menjadi keniscayaan yang harus dimiliki. Hal tersebut demi memastikan bahwa para pegiat jamiyah menjaga kebersamaan sebagai bagian tidak terpisahkan dalam perjalanan dan khidmah.

 

Semangat itu juga yang dilakukan Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Banyuwangi, Jawa Timur. Mereka menggelar telaah tata aturan organisasi di kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) setempat, Selasa (30/6).

 

Wakil Ketua PC IPNU Banyuwangi, Moh Awang Nuryaddin mengemukakan bahwa kegiatan tersebut menjadi bekal penting dalam memahami dan menginternalisasi tata aturan organisasi IPNU. Semua harus dalam satu semangat sebagaimana harapan pendiri, almaghfurlah KH Tolchah Mansoer.

 

"Nantinya mereka yang mengikuti akan berkewajiban dalam meneruskan kepada pengurus lainnya. Agar nafas dan gerak perjuangan kita sama," kata Awang kepada media ini.

 

Ibnu Tsani Rosyada selaku pemateri menjelaskan terhadap semua ketentuan yang berlaku di IPNU. Tak hanya itu, penyaji juga memberikan sejumlah contoh karena memang sebagai alumni yang kaya akan pengalaman.

 

Ibnu, sapaan keseharian Ibnu Tsani Rosyada menjelaskan, secara gamblang memberikan beberapa tips bagaimana memahami tata aturan organisasi secara efektif dan mudah dipahami. Mencoba untuk merumuskan beberapa kunci perbedaan tata aturan di masing-masing tingkatan.

 

"Karena selama ini, orang cenderung malas untuk belajar tata aturan, apalagi dalam IPNU ada hirarki tata aturan mulai dari pusat hingga ranting," kata Ibnu.

Selanjutnya dia mengklasifikasikan masalah apa yang diatur di dalam produk aturan tersebut. Setelah itu, mengajak peserta menyebut salah satu kasus yang ada di lapangan, dengan kata kunci dan rumusan yang telah dipelajari sebelumnya.

 

"Pertemuan ini hanya sebagai pengantar. Karena jika mereka sudah paham esensi dari semua aturan yang ada, selanjutnya tinggal membaca isinya di rumah,” tegas Ibnu.

 

Di tempat terpisah, Ketua PC IPNU Banyuwangi Achmad Asrorul Umam mengharapkan program kerja periode kepengurusannya berjalan lancar dan seluruh anggota menjaga kekompakan. Hal tersebut berlaku antarpengurus dan anggota di semua wilayah kerja.

 

"Kita semua harus berkomitmen untuk terus mengabdi dan menginspirasi. Kerahkan seluruh pikiran dan tenaga untuk menguraikan permasalahan secara keseluruhan, khususnya di bidang keterpelajaran," tandas Umam.

 

Kontributor: M Soleh Kurniawan

Editor: Ibnu Nawawi

BNI Mobile