Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Banser Melawi Kalimantan Barat Turut Kawal Penyaluran Dana Desa

Banser Melawi Kalimantan Barat Turut Kawal Penyaluran Dana Desa
Banser terlibat aktif mengawal bantuan dana desa di kawasan Melawi, Kalbar. (Foto: NU Online/Maulida)
Banser terlibat aktif mengawal bantuan dana desa di kawasan Melawi, Kalbar. (Foto: NU Online/Maulida)

Melawi, NU Online
Pandemi Corona telah memukul sendi perekonomian warga. Tidak sedikit dari mereka yang kesulitan dalam mencukupi kebutuhan harian. Kebijakan pemerintah dengan mengucurkan Bantuan Langsung Tunai  Dana Desa (BLT-DD) patut dikawal dengan baik. Hal tersebut demi memastikan bahwa warga terdampak pandemi bisa menerima dengan benar.

 

Dalam rangka mengawal bantuan tersebut, sejumlah anggota Barisan Ansor Serbaguna atau Banser Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat turut berpartisipasi. Kali ini dibuktikan dengan turun langsung pada pencairan bantuan tahap kedua oleh Rusdiman selaku Kepala Desa Tengkajau, Kecamatan Pinoh Utara, Kabupaten Melawi.   

 

Rusdiman yang juga Ketua Pengurus Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten  Melawi menjelaskan warga masyarakat Desa Tengkajau yang mendapatkan bantuan  BLT-DD tahap II ini berjumlah 56 kepala keluarga yang tersebar di 4 dusun. Dijelaskannya bahwa penyaluran dana kali ini berbeda dari  biasanya, karena dikawal oleh Banser NU Melawi.

 

"PenyaIuran bantuan ini beda dari biasanya, sebab kali ini saya meminta pengawalan personil Banser Melawi,” katanya. 

 

Dirinya sengaja mengajak Banser karena yakin sebagai salah satu mitra dari kepolisian, juga bisa memberikan pendampingan dan pengawalan jalannya pembagian BLT-DD tahap II agar tetap aman dan kondusif. “Hal tersebut membuktikan bahwa Banser tidak hanya mengawal momen keagamaan,” tegasnya.

 

Ramin, salah seorang warga Desa Tengkajau menuturkan masyarakat sangat menyambut baik kedatangan Banser karena warga tahu kalau selama ini Banser ikut menjaga kerukunan umat. Bahkan dengan sukarela ikut menjaga gereja, meskipun Banser identik dengan agama Islam.

 

"Saya pribadi dan masyarakat senang dan tentu menyambut baik dengan pengawalan anggota Banser NU, karena mereka tidak pernah memilah agama ketika ingin melaksanakan kegiatan social. Tujuan mereka menjaga keamanan dan kelancaran penyaluran BLT-DD ini," ungkap Ramin 

 

Desa Tengkajau Kabupaten Melawi merupakan salah satu desa di Kecamatan Pinoh Utara yang masyarakatnya mayoritas beragama Nasrani. Meskipun demikian, masyarakat sangat mengapresiasi inisatif kepala desa yang meminta anggota Banser Melawi untuk mengawal penyaluran dana BLT. 

 

Kontributor: Sukarno/Maulida
Editor: Ibnu Nawawi

BNI Mobile