Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

RMINU Surabaya Gelar Tahlil Daring untuk Cucu Mbah Hasyim Asy'ari

RMINU Surabaya Gelar Tahlil Daring untuk Cucu Mbah Hasyim Asy'ari
Foto: Ilustrasi
Foto: Ilustrasi

Surabaya, NU Online
Pengurus Cabang (PC) Rabithah Ma'ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMINU) Kota Surabaya, Jawa Timur menggelar pembacaan tahlil secara online untuk cucu Mbah Hasyim Asy'ari almaghfurlah KH Muhammad Zaki Hadziq, Sabtu (4/7) malam.

 

Pengurus Cabang RMINU Surabaya Ghozi Ubaidillah menjelaskan lewat barokah dari Gus Zaki kita semua bisa bertemu serta bersilaturahim via aplikasi zoom dan melakukan tahlil bersama untuk beliau.

 

"Semoga acara ini bisa membanggakan beliau dan menjadi semangat kita untuk meneruskan tongkat estafet ini," jelasnya.

 

Sekretaris PW RMINU Jatim Ahmad Firdausi menjelaskan, dari kebanyakan orang kalau bertemu dengan Gus Zaki, beliau selalu berbicara tentang NU. Sebagian besar membicarakan tentang NU dan selebihnya tentang pesantren. 

 

"Kesimpulannya kebanyakan orang kalau bertemu dengan Gus Zaki pembahasannya tidak jauh dari seputar tentang NU dan pesantren," ungkapnya.

 

Banyak teladan yang bisa kita ambil dari semangat Gus Zaqi ketika berkhidmat di NU. Teladan yang bisa diambil dari Gus Zaki menjelang wafatnya berpesan "Saya sehat semangat begitu juga dengan njenengan biar nanti kita bisa berkhidmat untuk NU melalui RMI dan pesantren," tambahnya.

 

Wakil Ketua PP RMINU Prof Agus Zainal Arifin mengatakan, alhamdulillah kita dapat bersilaturahim meski dalam keadaan duka karena ditinggalkan Gus Zaki.

 

"Satu hal yang ingin saya sampaikan Gus Zaqi memiliki semangat yang tinggi untuk berkhidmat di NU," jelasnya.

 

Dia menambahkan, hari ini kita masuk era pandemi yang mana hal ini menuntut kita semua harus berubah.  Yang bisa eksis yang mampu siap dalam perubahan yang ada sedikit demi sedikit mari kita memulai kegiatan kita dengan perubahan yang baru. Kalau kita tidak memulai, kapan lagi kalau tidak dari sekarang.

 

"Saya ingin santri itu punya visi yang bagus tentunya tidak meninggalkan agamanya dengan aqidah an-nahdliyahnya dengan mempunyai kemampuan sains dan kemampuan lainnya. Hal ini pernah disampaikan kepad Gus Zaki dan beliau memiliki pemikiran yang sama," pungkasnya.

 

Pembacaan tahlil online ini melalui aplikasi zoom di hadiri beberapa tokoh seperti Wakil Ketua PP RMINU Prof KH Agus Zainal Arifin, Penasehat RMINU Jatim KH Reza Ahmad Zahid, Direktur Ahlussunnah wal Jama'ah (Aswaja) Center NU Jawa Timur KH Ma'ruf Khozin, KH Mas Ahmad Nasrohuddin, Agus Mustofa Mubassir, dan Agus Shofawi Minanurrohman.

 

Kontributor: Hisam Malik 
Editor: Abdul Muiz

BNI Mobile