Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

NU Surakarta Gandeng Rabithah Alawiyah untuk Kokohkan Aswaja di Masyarakat

NU Surakarta Gandeng Rabithah Alawiyah untuk Kokohkan Aswaja di Masyarakat
Rabithah Alawiyah Solo lakukan kunjungan ke PCNU setempat (Foto: NU Online/Samsul Huda)
Rabithah Alawiyah Solo lakukan kunjungan ke PCNU setempat (Foto: NU Online/Samsul Huda)

Surakarta, NU Online

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Surakarta, Jawa Tengah merintis kerja sama dengan Rabithah Alawiyah untuk mengokohkan akidah ahlussunnah waljamaah (Aswaja) di tengah-tengah masyarakat. 

 

Rencana kerja sama itu diungkapkan saat pengurus dua organisasi ini  bersilaturahim di Kantor PCNU Surakarta, Jumat (3/7) kemarin.

 

Kehadiran DPC Rabithah Alawiyah Surakarta yang didampingi Ketua DPW  Rabithah Alawiyah Jateng dan DIY Habib Abu Bakar Alatas itu diterima Rais PCNU Kota Surakarta  KH Shofwan Fauzi yang didampingi Katib KHM Bagiyo, Ketua HM Mashuri, dan jajaran pengurus lainnya.

 

Sedangkan rombongan Rabithah Alawiyah Surakarta dipimpin Ketua/koordinator harian Muhamad Yahya Baraqbah, Sekretaris Mustofa Hadid Al hamid, Bendahara Ahmad Zaki aljufri.

 

Rais PCNU Kota Surakarta KH Shofwan Fauzi saat mengaku gembira atas kehadiran rombongan habaib di Kantor NU Solo, terlebih dengan membawa agenda untuk mempererat tali silaturahim antara nahdliyin dengan habaib melalui jalur organisasi.

 

"Ini sejalan dengan harapan PWNU Jateng yang telah membuka rintisan untuk bersinergi dengan habaib melalui jalur organisasi yaitu Rabithah Alawiyah. NU Surakarta siap dan terbuka untuk kerjasama ini," kata Kiai Shofwan.

 

Menurutnya, dengan kerja sama ini diharapkan akan semakin memperkokoh jaringan nahdliyin dengan habaib yang sejatinya sudah terjalin secara kultural sejak lama.

 

"Apalagi habaib sebagai bagian dari dzuriyah Nabi Muhammad SAW sangat dihormati nahdliyin, tentu prakarsa untuk memulai sinergi NU dengan Rabithah Alawiyah (organisasi yang mewadahi habaib)akan didukung dengan sepenuhnya," ucapnya.

 

Ketua DPW Rabithah Alawiyah Jateng dan DIY Habib Abu Bakar Alatas kepada NU Online, Ahad (5/7) mengatakan, dirinya menyampaikan terima kasih atas penerimaan dan kesediaan PCNU Surakarta untuk bersinergi dengan Rabithah Alawiyah Surakarta.

 

"Alhamdulillah rintisan kami dengan PWNU Jateng juga disambut antusias oleh PCNU Surakarta sebagaimana yang terjadi di cabang NU lain yang ada di Jateng," katanya.

 

Menurutnya, kerja sama yang akan dilakukan ini yang penting kongkrit dan bisa mendatangkan manfaat bagi masyarakat, tidak perlu saremonial yang berlebihan. "Selama ini sinergitas yang terbangun antara nahdliyin dengan habaib berlangsung antar person, kali ini perlu ditingkatkan ke level kelembagaan," tuturnya.

 

Rais PWNU Jateng KH Ubaidullah Shodaqoh mengatakan, Rabithah Alawiyah sangat tepat memilih NU sebagai mitra atau kawan berjuang dalam mengokohkan ajaran Aswaja.

 

"Apalagi sekarang ini, Aswaja mendapat ancaman yang tidak ringan. Semoga rintisan kerjasama NU-Rabithah berjalan lancar sehingga bisa mencapai maksud dan tujuan membumikan Aswaja di tengah-tengah masyarakat," pungkasnya.

 

Kontributor: Samsul Huda
Editor: Abdul Muiz

 

BNI Mobile