30 Warga NU Thailand Dapat Beasiswa Kuliah di UIN Semarang

Rais PCINU Thailand KH Hasanuddin (Foto: NU Online/Samsul Huda)
Rais PCINU Thailand KH Hasanuddin (Foto: NU Online/Samsul Huda)
Rais PCINU Thailand KH Hasanuddin (Foto: NU Online/Samsul Huda)

Semarang, NU Online

Universitas Islam Negeri (UIN) Wali Songo Semarang, Jawa Tengah dalam tahun akademi 2020/2021 memberikan beasiswa kepada 30 orang warga NU di Thailand untuk kuliah di berbagai program studi yang ada di PTIN ini.

 

Rais Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Thailand KH Hasanuddin mengatakan, selain mengajukan beasiswa untuk membiayai kuliah warga NU dari Thailand untuk kuliah di UIN Wali Songo, PCINU juga mengajukan beasiswa ke sejumlah perguruan tinggi NU di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

 

"Namun untuk tahun akademi 2020/2021 ini baru UIN Wali Songo yang menanggapi permohonan kami dengan mengalokasikan beasiswa untuk 30 orang," kata Kiai Hasan kepada NU Online usai mengurus administrasi beasiswa di Semarang, Senin (6/7).

 

Dikatakan, saat ini ada 100 orang lebih warga Thailand yang kuliah di sejumlah perguruan tinggi di Indonesia dengan fasilitas beasiswa dari berbagai pihak atas upaya PCINU Thailand.

 

"Sebagian besar akan selesai masa kuliahnya tahun ini. Diharapkan setelah lulus mereka langsung pulang ke Thailand untuk mengembangkan ilmu dan memperkuat aktivitas Jam'iyah NU di sana," ucapnya.

 

Dikatakan, sejak NU membentuk cabang istimewa di Thailand, susunan kepengurusan personalianya diupayakan melibatkan warga setempat hingga suatu saat nantinya seluruh personalianya full warga Thailand.

 

KH Hasanuddin yang juga Direktur Utama Radio Rasika FM Semarang menambahkan, langkah ini ditempuh semata untuk memperluas jaringan NU di negeri gajah putih ini sekaligus merealisasikan program kaderisasi.  

 

"Saat ini upaya itu mulai menampakkan hasil, orang pertama di jajaran tanfidziyah sudah dipegang warga Thailand yakni KH Ali Fateh," ungkapnya.

 

Disampaikan, meski bukan orang Indonesia atau tidak pernah mengenyam pendidikan di Indonesia, Ali Fateh lulusan salah satu perguruan tinggi di negara Syria pandangan dan amalan keagamaanya sangat moderat sejalan dengan spirit moderasi yang dikembangkan NU.

 

Terkait dengan beasiswa lanjutnya, saat ini PCINU Thailand sedang menyiapkan dokumen calon mahasiswa di Thailand yang akan diberangkatkan ke Semarang Jateng. Ada beberapa kendala terkait dengan pandemi covid-19, namun sedang diupayakan jalan keluarnya.

 

"Namun jika tidak berhasil, kuota beasiswa itu akan dialihkan ke Kamboja dan Vietnam, karena sejumlah kiai NU asal Thailand ada yang mengajar di sejumlah pondok pesantren di kedua negara ini dan mereka mengharapkan untuk dapat beasiswa belajar di Indonesia," ujarnya.

 

Dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Wali Songo Semarang, H Anashom mengatakan, para mahasiswa muslim asal Thailand yang kuliah di UIN Semarang memiliki peran yang sangat besar dalam mengembangkan Islam di Thailand.

 

"Diharapkan mereka dapat menampilkan Islam sebagai potensi yang moderat pada  saat mereka kembali ke negaranya dan mendakwahkan Islam di lingkungannya," pungkas Kiai Anashom yang juga Ketua PCNU Semarang ini.

 

Kontributor: Samsul Huda
Editor: Abdul Muiz

BNI Mobile