Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Peduli Corona, Fatayat NU Serahkan APD kepada Puskesmas di Sumenep

Peduli Corona, Fatayat NU Serahkan APD kepada Puskesmas di Sumenep
Penyerahan APD oleh PAC Fatayat NU Pragaan kepada Kepala Puskesmas setempat. (Foto: NU Online/Firdausi)
Penyerahan APD oleh PAC Fatayat NU Pragaan kepada Kepala Puskesmas setempat. (Foto: NU Online/Firdausi)

Sumenep, NU Online 

Di Sumenep Jawa Timur, kasus pasien positif Covid-19 terus meningkat. Hal ini menggugah segenap elemen masyarakat, khususnya Fatayat Nahdlatul Ulama di kawasan Pragaan untuk turut memberikan perhatian. 

 

Kali ini, Pimpinan Anak Cabang (PAC) Fatayat NU Kecamatan Pragaan menyerahkan bantuan berupa 50 alat pelindung diri atau APD kepada Pusat Kesehatan Masyarakat atau Puskesmas setempat,  Selasa (7/7).

 

Kepada NU Online, KH Ahmad Junaidi Mu'arif sangat mengapresiasi dan mengacungi jempol terhadap kinerja Fatayat NU Pragaan yang sangat peduli terhadap penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Sumenep.

 

Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Pragaan Sumenep ini menjelaskan bahwa Gugus Tugas (Gugas) Siaga yang dibentuk sudah banyak memberikan perhatian terhadap kasus ini. 

 

"Bulan lalu, Gugas sangat getol memberikan berbagai bantuan kepada warga terdampak seperti masker, alat cuci tangan, hand sanitaizer, penyemprotan disinfektan,” katanya.

 

Tidak berhenti sampai di situ, edukasi publik, menguatkan ketahanan pangan masyarakat juga dilakukan. Yang terbaru bahkan membantu tenaga medis dan tim Pemerintah Kabupaten Sumenep saat menjaga di pos keamanan Covid-19. 

 

Dirinya menegaskan bahwa tim Gugas Siaga MWCNU Pragaan yang terdiri dari lembaga dan badan otonom, termasuk Fatayat NU bekerja ekstra. Yakni dalam mendukung kinerja Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Pemerintah Kabupaten Sumenep dalam menangani kasus tersebut.

 

"Kami berharap kepada tenaga medis di Pragaan tetap tenang dan tidak khawatir dalam menjalankan tugasnya, karena saat ini sudah ada APD," ujarnya. Semoga dengan penyerahan bantuan ini para tenaga medis lebih semangat dalam menjadi garda terdepan melawan Covid-19, lanjutnya.

 

Dilanjut Kerja Sama Kesehatan
Ny Hj Dina Kamelia selaku Ketua PAC Fatayat NU Pragaan berterima kasih atas sambutan hangat yang diberikan pihak Puskesmas Pragaan. Kendati bantuan yang diberikan tidak seberapa, namun diharapkan dapat membantu tugas tenaga kesehatan. 

 

Selanjutnya, Pengasuh Pondok Pesantren Al-Muqri Prenduan tersebut berharap Puskesmas dapat bersinergi dengan pengurus MWCNU dan pengurus PAC Fatayat NU Pragaan. 

 

"Kami juga menginginkan agar program Fatayat NU juga bisa bersinergi dengan Puskesmas Pragaan seperti halnya Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama atau LKNU,” pintanya. 

 

Dijelaskannya bahwa dalam kepengurusan ada divisi kesehatan. Dengan demikian diharapkan lewat kegiatan ini Puskesmas Pragaan bisa saling berpartisipasi aktif terhadap program Fatayat NU. 

 

RB Khairul Anwar selaku Kepala Puskesmas Pragaan bangga atas perhatian pengurus Fatayat NU kepada tim medis. Dirinya tidak menyangka dengan kepedulian generasi muda NU terhadap penyebaran Covid-19 yang semakin meningkat di Kabupaten Sumenep. 

 

“Kegiatan ini dadakan karena tiba-tiba Ketua Fatayat NU mengkonfirmasi kami lewat telepon bahwa hari ini akan berkunjung dan memberikan bantuan APD kepada tenaga medis," jelasnya. 

 

Dirinya mengamini harapan pengurus Fatayat NU tentang kerja sama ke depannya dalam menyikapi berbagai hal yang berkaitan dengan kesehatan. 

 

"Tetap mengabdi untuk negara dan NU dan terimakasih kepedulian ibu nyai dan pengurus lainnya untuk membantu kebutuhan Puskesmas," pungkasnya.

 

Kontributor: Firdausi 
Editor: Ibnu Nawawi

BNI Mobile