SMKNU Jombang Terus Bangun Sarana dan Prasarana Sekolah

Ketua PCNU Jombang, KH Salmanudin Yazid meletakkan batu pertama pembangunan mushala SMKNU 01 Jombang. (Foto: Istimewa)
Ketua PCNU Jombang, KH Salmanudin Yazid meletakkan batu pertama pembangunan mushala SMKNU 01 Jombang. (Foto: Istimewa)
Ketua PCNU Jombang, KH Salmanudin Yazid meletakkan batu pertama pembangunan mushala SMKNU 01 Jombang. (Foto: Istimewa)

Jombang, NU Online
Sarana gedung sekolah atau madrasah yang memadai akan menentukan efektifitas dan lancarnya proses belajar dan mengajar. Karena itu, di samping harus menyiapkan tenaga pendidik yang mumpuni, tugas pengelola lembaga pendidikan adalah menyiapkan gedung yang representatif.


Hal inilah yang menjadi semangat pengelola Sekolah Menengah Kejuruan Nahdlatul Ulama (SMKNU) 01 Jombang, Jawa Timur dalam mengembangkan gedung sekolahnya. Semangat ini diwujudkan dengan dimulainya pembangunan tiga kelas di lantai dua pada Rabu (8/7). Di saat yang sama dilakukan juga peletakan batu pertama untuk pembangunan mushala dan pagar sekolah.


"Alhamdulillah, pembangunan ini dalam rangka percepatan sarana prasarana SMK NU 01 Jombang yang memadai," kata Kepala SMKNU 01 Jombang, Syahrul Munir.


Ia mengungkapkan bahwa tantangan pendidikan dewasa ini kian berat. Di antaranya dalam aspek kuantitas, jumlah lembaga pendidikan tidak sedikit, bahkan berpotensi untuk terus bertambah. Pada situasi ini sekolah dituntut bisa meyakinkan peserta didik akan kualitas sekolah pilihannya. Sisi lain, aspek sarana dan prasarana menjadi syarat kompetisi secara alami yang berkaitan erat dengan eksistensi sekolah dari masa ke masa.


Belum lagi, sekolah dituntut bisa menciptakan peserta didik yang berakhlak luhur di tengah perkembangan zaman dan teknologi yang demikian pesat. Menurutnya, aspek ini harus benar-benar diperhatikan oleh lembaga pendidikan khususnya yang dimiliki NU. NU sebagai organisasi yang diisi oleh orang-orang terdidik harus mampu melahirkan generasi masa depan bangsa, agama, dan bahkan negara yang berkualitas.


"Kami berharap semua pembangunan ini bisa menjadi jawaban untuk kenyamanan anak didik yang belajar di sini untuk menjadi generasi yang cinta ilmu dan menjadi lulusan yang bermanfaat dan berkah," ucapnya.


Di samping itu, pria yang juga ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor, Mojowarno, Jombang ini menegaskan bahwa aspek pekerjaan untuk masa depan peserta didik juga tidak boleh dilewatkan. Untuk itu, sekolah menurutnya harus mampu mempersiapkan peserta didik yang kompeten sesuai bidangnya.


"Semoga SMKNU dengan jurusan farmasi ini menjadi pilihan yang nanti memberikan dampak kesejahteraan untuk masing-masing peserta didik dan keluarganya," tuturnya.


Sementara itu Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Jombang, KH Salmanudin Yazid dalam kesempatan tersebut mendorong agar pegiat pendidikan di lingkungan NU terus berbenah, meningkatkan mutu pendidikan untuk melahirkan generasi-generasi unggul dan berakhlak.


Dalam pandangannya, pendidikan merupakan penentu masa depan generasi bangsa. Dengan demikian, guru dan semua komponen di sekolah atau madrasah perlu terus melakukan langkah-langkah konkret dalam menjawab tantangan pendidikan.


"Alhamdulillah di tahun 2020 ini NU Jombang mendapat banyak berkah, di samping SMKNU 01 Jombang telah mengembangkan gedungnya, kemarin juga RSNU membangun gedung tahap kedua," ucapnya.


Hadir pada kesempatan ini, Ketua LP Ma'arif NU Jombang, Nur Khojin, Ketua Pimpinan Cabang (PC) Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Jombang, H S Arifin, Ketua MWCNU Jogoroto, H Solihun serta tokoh masyarakat sekitar.


Pewarta: Syamsul Arifin
Editor: Muhammad Faizin

BNI Mobile