Tahun Ajaran Baru, IPNU-IPPNU Tulungagung Gelar Orientasi Daring

Kreasi PC IPNU-IPPNU Tulungagung yang memberikan fasilitas Masa Orientasi Pelajar secara dalam jaringan. (Foto: NU Online/Puspita Hanum)
Kreasi PC IPNU-IPPNU Tulungagung yang memberikan fasilitas Masa Orientasi Pelajar secara dalam jaringan. (Foto: NU Online/Puspita Hanum)
Kreasi PC IPNU-IPPNU Tulungagung yang memberikan fasilitas Masa Orientasi Pelajar secara dalam jaringan. (Foto: NU Online/Puspita Hanum)

Tulungagung, NU Online
Meski di tengah pandemi, pemerintah tetap memulai tahun ajaran baru 2020/2021 hari ini, Senin (13/7). Dalam rangka ikut serta mensukseskan awal tahun ajaran baru, terobosan dilakukan Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Tulungagung.

 

Kali ini dengan bekerja sama dengan Pengurus Cabang (PC) Lembaga Pendidikan Ma'arif Nahdlatul Ulama Tulungagung menggelar Masa Orientasi Pelajar (MOP) secara Daring atau dalam jaringan. Kegiatan untuk mengenalkan sekolah dan madrasah kepada siswa dan siswi baru.

 

"Kami telah sampaikan teknis MOP Daring kepada seluruh kepala sekolah dan madrasah yang ada di bawah naungan LP Ma'arif NU Tulungagung," kata Mauludin Qoironi, Senin (13/7).

 

Ketua PC IPNU Tulungagung ini menjelaskan bahwa MOP Daring diadakan untuk orientasi siswa baru madrasah tsanawiyah dan madrasah aliyah sederajat selama masa pandemi. MOP Daring diikuti 12 sekolah dan madrasah yang ada di bawah naungan PC LP Ma'arif NU Tulungagung.

 

"MOP Daring ini memanfaatkan aplikasi grup WhatsApp," jelas Mei Rahayu sebagai koordinator pelaksana MOP.

 

Mei menyebutkan bahwa PC IPNU-IPPNU Tulungagung mengirimkan tim khusus ke sekolah dan madrasah. Selanjutnya, tim tersebut akan membuat grup WhatsApp di setiap kelas. Kemudian setiap siswa akan melakukan absen dengan cara berfoto menggunakan seragam sekolah lengkap.

 

"Nanti tim dari PC IPNU IPPNU Tulungagung akan memberikan satu paket materi, berupa post test, pre test, power point materi, video, dan poster materi yang telah didesain cukup menarik," terang Mei.

 

Tim PC IPNU IPPNU memilih video call secara acak sebagai teknik untuk memastikan semua siswa menyimak materi yang disampaikan. Meski dilakukan secara Daring, tim PC IPNU IPPNU Tulungagung tetap memberikan penugasan kepada siswa.

 

"PC IPNU IPPNU Tulungagung memiliki teknik MOP Daring yang sangat membantu sekolah kami. Siswa kami juga tertarik mengikuti MOP Daring bersama PC IPNU IPPNU Tulungagung," ujar Itma Waridatul, guru SMP IT Tahfidzil Qur'an Sumbergempol Tulungagung.

 

Mauludin berharap siswa baru yang mengikuti MOP Daring dari PC IPNU IPPNU Tulungagung bisa mengikuti dan paham tentang semua materi yang diberikan oleh tim.

 

Kontributor: Puspita Hanum
Editor: Ibnu Nawawi
 

BNI Mobile