Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Kunjungi NU Jepang, Komunitas Muslim Chiba Jajaki Kerja Sama

Kunjungi NU Jepang, Komunitas Muslim Chiba Jajaki Kerja Sama
Ketua CICC Ustadz Sugimoto dan Ketua PCINU Jepang Miftakhul Huda. (Foto: Dok. PCINU Jepang)
Ketua CICC Ustadz Sugimoto dan Ketua PCINU Jepang Miftakhul Huda. (Foto: Dok. PCINU Jepang)

Jakarta, NU Online
Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Jepang menerima kunjungan Ketua Chiba Islamic Cultural Center (CICC) Ustadz Sugimoto di Masjid Nusantara, Akihabara, Tokyo, Ahad (12/7). 


Kunjungan Ustadz Sugimoto tersebut dalam rangka mengajak PCINU Jepang untuk bekerja sama dalam dakwah dan Pendidikan Islam di Jepang.


Ketua PCINU Jepang Miftakhul Huda berharap ini sebagai awal kerja sama untuk mempererat persaudaraan di antara sesama muslim yang berdomisili di Jepang.


Ia juga mempromosikan pertukaran kebudayaan dan pemahaman di antara orang Jepang dan orang Islam khususnya orang-orang Indonesia di Negeri Sakura itu. "Semoga ke depan dapat mendukung perdamaian dan pembangunan ekonomi di Jepang," katanya.


Ustadz Sugimoto memperkenalkan komunitas CICC yang juga banyak diikuti oleh orang Indonesia. Selain pengajian, komunitas yang dipimpinnya juga mengadakan kegiatan Pendidikan Al-Qur’an untuk anak-anak.


CICC juga mengirim beberapa mahasiswa Jepang muslim dan dan non-muslim ke negara Muslim, seperti Malaysia untuk pertukaran kebudayaan. Di sana, kata dia, para mahasiswa ini tinggal di keluarga Muslim sebagai tuan rumah untuk saling memahami dan memperkenalkan kebudayaan dan mempererat persahabatan.


Menurut Huda, belum ada rencana untuk mengadakan pertukaran ke Indonesia karena masih tahap perkenalan. Namun, ia berharap ke depan ada kegiatan tersebut.


Ustadz Sugimoto juga menceritakan Festival Muslim besar seyogyanya diadakan di Ikebukuro April 2019 untuk menyambut Olimpiade 2020. Akan tetapi, tertunda karena wabah Pandemi Covid-19. Huda berharap PCINU Jepang bisa berpartisipasi untuk kegiatan selanjutnya.


Di samping itu, da’i Islam yang terkenal di Jepang itu sangat tertarik dengan kaligrafi sanad keilmuan NU. Syuriyah PCINU Jepang Ustadz Mahmud menjelaskan, sanad keilmuan anggota NU bersambung hingga ke Rasulullah SAW. 


Ustadz Sugimoto juga penasaran dengan penamaan Masjid Nusantara. Huda menjelaskan bahwa Nusantara menggambarkan kepulauan Indonesia yang berada di antara dua benua dan dua samudra.


Ustadz Mahmud memandu Ustadz Sugimoto keliling Masjid Nusantara Akihabara dan kantor PCINU Jepang. Acara silaturahim ini ditutup dengan shalat Maghrib berjamaah yang diimami oleh Ustadz Mahmud.


Pewarta: Syakir NF
Editor: Musthofa Asrori
 

BNI Mobile