Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Bawaslu Jawa Timur Ajak Pelajar Turut Sukseskan Pilkada di Sumenep

Bawaslu Jawa Timur Ajak Pelajar Turut Sukseskan Pilkada di Sumenep
Suasana diskusi terkait peran serta pelajar saat Pilkada oleh PC IPNU Sumenep. (Foto: NU Online/Firdausi)
Suasana diskusi terkait peran serta pelajar saat Pilkada oleh PC IPNU Sumenep. (Foto: NU Online/Firdausi)

Sumenep, NU Online 

Pelajar harus berperan aktif saat gelaran pemilihan kepala daerah. Hal tersebut demi memastikan bahwa tahapan demokrasi berjalan sesuai harapan. Pelajar juga menjadi penentu bagi terpilihnya pemimpin harapan.

 

Karenanya menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Sumenep, Jawa Timur, Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul (IPPNU) Kabupaten Sumenep menggelar diskusi. Kegiatan dipusatkan di auditorium Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) setempat, Selasa (14/7).

 

Pada diskusi yang digelar badan otonom NU yang dinakhodai Zainullah tersebut mendatangkan Nur Ela Anggraini selaku komisioner Bawaslu Provinsi Jawa Timur. Tema yang diangkat adalah meningkatkan partisipasi aktif pemilih pemula dalam pengawasan Pilkada Sumenep.

 

“Kegiatan seperti ini penting untuk mengedukasi masyarakat, utamanya anggota IPNU-IPPNU sebagai pemilih pemula yang turut aktif dalam pengawasan Pilkada Sumenep yang nanti dilaksanakan bulan Desember,” kata Nur Ela Anggraini.

 

Disampaikannya bahwa Pilkada kali ini merupakan pengalaman pertama bagi para pelajar di seluruh Kabupaten Sumenep. Pelajar bukan hanya memilih calon pemimpin Sumenep, tetapi para senior mestinya menanamkan sikap jujur dalam berdemokrasi.

 

"Menurut zaman now, demokrasi sering diartikan sebagai pesta rakyat yang tidak boleh ada manipulasi atau kecurangan. Para kader mestinya memastikan uang rakyat yang digunakan untuk membiayai Pilkada dan digunakan sebaik-baiknya," urainya. 

 

Sedangkan Zainullah menegaskan bahwa pelaksanaan diskusi sesuai protokol kesehatan. Hal tersebut demi mendukung ikhtiar pemerintah demi membatasi penyebaran virus Corona.

 

"Saya kira tantangannya tidak mudah saat pelaksanaan Pilkada di masa Covid-19. Ini akan menjadi sejarah tersendiri ketika mampu melaksanakannya dengan baik dan aman," kata Ketua PC IPNU Sumenep tersebut. 

 

Disampaikannya, pelaksanaan Pilkada dapat dikatakan sukses ketika semua pihak ikut terlibat dan bekerjasama dalam dengan baik. Karenanya seluruh peserta hendaknya mendorong pelajar NU untuk menjadi pemilih cerdas sekaligus menjadi agen sosialisasi. 

 

Selain Nur Ela Anggraini sebagai pemateri tunggal, ada empat komisioner Bawaslu Kabupaten Sumenep yang ikut hadir. Keempatnya hadir sebagai pembicara pendamping dari Bawaslu Jatim yaitu Ketua Bawaslu Anwar Noris, Imam, Hasan Mustofa, dan Anwar Darwis.

 

 

Kontributor: Firdausi
Editor: Ibnu Nawawi
 

BNI Mobile