NU Sporty, Cara NU Banyuwangi Sapa Anak Muda Pegiat Game

Kunjungan BESAF di kantor PCNU Banyuwangi. (Foto: NU Online/M Soleh K)
Kunjungan BESAF di kantor PCNU Banyuwangi. (Foto: NU Online/M Soleh K)
Kunjungan BESAF di kantor PCNU Banyuwangi. (Foto: NU Online/M Soleh K)

Banyuwangi, NU Online
NU Sporty merupakan lembaga pengembangan esports dan teknologi industri Nahdlatul Ulama. Keberadaannya ditangani serius oleh Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Banyuwangi, Jawa Timur.


Di Banyuwangi sendiri, geliat masyarakat setempat untuk semakin mengukuhkan sebagai kabupaten digital tak pernah berhenti. Setelah pemerintah setempat menggalakkan smart kampung sebagai bentuk pelayanan berbasis digital di tingkat desa, kini giliran para pemudanya. Sekelompok pemuda yang tergabung dalam Banyuwangi E-Sport Community mengembangkan elektronik sport (e-sport) di Banyuwangi. E-sport sendiri merupakan ‘olahraga’ berbasis kompetisi game berbasis internet.

 

Puluhan anak muda yang terhimpun dalam Banyuwangi E-Sport and Anime Festival (BESAF) berkunjung ke aula PCNU Banyuwangi. Mereka ialah para generasi muda yang intens memiliki aktivitas di dunia e-sports. Perkumpulan saat itu diinisiasi langsung oleh BESAF Community HUB berkolaborasi dengan komunitas Free Fire Banyuwangi dalam acara Gamers Gath di hari Ahad kemarin.

 

Terpantau di tengah aktivitas mereka terikat dengan edukasi kiat-kiat berproses dan menghasilkan atau profitable gain di industri eSports kepada para pelakunya. Dari pemain, tim, hingga menejemen maupun owner secara menyeluruh dan transparan. Di samping itu mereka memanfaatkan kumpulan tersebut sebagai ajang temu kangen dan kegiatan hiburan lain. Di penghujung, aksi penggalangan dana dalam penanganan virus Covid-19 juga tak luput mewarnai kegiatan yang berkerja sama dengan NU-Care LAZISNU Banyuwangi.

 

“Kita yakin insyaallah dengan berawalkan niat baik, roda ekosistem dari industri eSports Indonesia akan berjalan lebih sehat serta dapat memberikan manfaat besar kepada seluruh pelakunya,” kata Mawa selaku CEO dari BESAF serta Direktur dari NU Sporty saat dimintai keterangan NU Online, Selasa (14/7).

 

Ditambahkan, Nahdlatul Ulama juga meresmikan lembaga khusus yang menangani hal ini di wadah Lembaga Pengembangan eSports & Teknologi Industri atau dikenal Sporty @nu.sporty. 

 

“Ke depannya, sesuai dengan izin serta mandat dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama kemarin, akan kami sinergikan program kreatif ini dengan seluruh PCNU se-Indonesia,” kata Mawa.

 

Kegiatan itu juga dimaksudkan sebagai bentuk sinergitas dari BESAF dengan program NU normal yang sedang diusung oleh PCNU Banyuwangi serta aksi sosial berupa bantuan penyaluran donasi Covid-19 melalui NU-Care LAZISNU Banyuwangi.

 

Wakil Sekretaris PCNU Banyuwangi, Ayung Notonegoro menyampaikan dukungan penuh dari NU kepada pelaku eSports. Seperti dengan adanya program BESAF- NU Esports League beserta eksistensi dari lembaga baru Nahdlatul Ulama di bawah IPNU yang bertugas khusus untuk mengembangkan industri eSports dan Teknologi (NU Sporty). 

 

“Sebuah cara baru dengan menarik kader-kader muda melalui hobi yang sesuai dengan konteksnya,” tandas Ayunk. 

 

Kontributor: M Soleh Kurniawan
Editor: Ibnu Nawawi
 

BNI Mobile