Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Bantu Korban Banjir, Ansor Melawi Gandeng Baznas

Bantu Korban Banjir, Ansor Melawi Gandeng Baznas
Gandeng Baznas, Ansor-Banser Melawi, Kalbar salurkan bantuan ke warga terdampak banjir (Foto: Dok Ansor Melawi)
Gandeng Baznas, Ansor-Banser Melawi, Kalbar salurkan bantuan ke warga terdampak banjir (Foto: Dok Ansor Melawi)

Melawi, NU Online

Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat menerjunkan anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) membantu Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menyalurkan bantuan kepada warga terdampak banjir, Selasa (14/7).

 

Wakil Ketua Bidang hubungan antar lembaga Banser Melawi Muhammad Sukarno menjelaskan, untuk membantu warga terdampak banjir, pihaknya bekerjasama dengan Baznas untuk mendistribusikan bantuan yan dihimpun oleh Baznas.

 

"Untuk penyalurannya, kami menerjunkan sejumlah anggota Banser," ujarnya kepada NU Online, Rabu (15/7).

 

Dikatakan, Banser mengawal dan mendistribusikan bantuan paket sembako kepada warga masyarakat Melawi yang terdampak Banjir tersebut, sehingga warga yang tidak mengungsi bisa terpenuhi kebutuhannya.

 

"Anggota Banser tidak segan-segan berenang dalam air banjir, bahkan harus memanjat atap rumah warga untuk bisa mengantarkan paket sembako bantuan dari Baznas Melawi," ungkapnya.

 

Banser berjibaku salurkan bantuan ke warga terdampak banjir di Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat (Foto: Dokumen Ansor Melawi)

 

Ketua Baznas Kabupaten Melawi Ali Murtadho menjelaskan, untuk membantu warga terdampak banjir, dirinya melalui lembaga yang dipimpin menyalurkan sejumlah bantuan sembako. Akan tetapi pihaknya mengalami kesulitan tenaga di lapangan.

 

"Kami tidak punya banyak personil untuk turun ke lapangan untuk mendistribusikan bantuan dari para donatur dan muzakki di Melawi ini. Makanya kami mengajak mitra kerja kami di lapangan, yakni GP Ansor-Banser, Penyuluh Agama, dan PMI Melawi untuk ikut serta," ucapnya.

 

Dikatakan, sedikitnya terdapat 100 paket sembako yang didistribusikan oleh Baznas Melawi bagi dua Desa di Kecamatan Nanga Pinoh, yakni Desa Kelakik dan Desa Baru. "Ada 100 paket sembako untuk dua desa yang didistribusikan bersama Banser Melawi," ungkapnya.

 

Akibat hujan beberapa hari, sejumlah sungai di Kabupaten Melawi, Provinsi Kalimantan Barat tak kuasa menampung debit air. Akibatnya ribuan rumah warga terendam air. 

 

Melawi akhirnya dikepung banjir, banyak warga yang terpaksa harus mengungsi. Meski dalam kondisi demikian, namun tidak sedikit pula yang memilih tetap bertahan di rumahnya dengan mengandalkan perlengkapan dan makanan seadanya.


Kontributor: Ahmad Rifqi Hidayat
Editor: Abdul Muiz

BNI Mobile