Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Berjibaku dengan Banjir, Banser Melawi Kalbar Kirim Bantuan untuk Warga

Berjibaku dengan Banjir, Banser Melawi Kalbar Kirim Bantuan untuk Warga
Banser Melawi dan relawan lain menerobos banjir untuk mengantarkan paket Sembako untuk warga. (Foto: NU Online/Siti Maulida)
Banser Melawi dan relawan lain menerobos banjir untuk mengantarkan paket Sembako untuk warga. (Foto: NU Online/Siti Maulida)

Melawi, NU Online
Setelah hampir sepekan intensitas curah hujan tinggi, sejumlah sungai di Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat (Kalbar) meluap. Imbasnya, sejumlah kawasan kini dalam kondisi terendam banjir. 

 

Tampak sejumlah rumah warga tergenang air. Mereka ada yang tetap di kediaman, namun tidak sedikit pula yang lebih memilih mengungsi di tempat yang aman. Hidup dengan keterbatasan harus dilakoni lantaran tidak dapat beraktivitas secara normal.

 

Melihat kondisi warga terdampak banjir yang memprihatinkan tersebut Badan Amil Zakat Nasional atau Baznas Melawi bersama Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Melawi turun gunung. Dengan personil Barisan Ansor Serbaguna atau Banser, turun mendistribusikan bantuan paket sembilan bahan pokok (Sembako) kepada warga terdampak banjir tersebut.

 

Ketua Baznas Melawi, Ali Murtadho menjelaskan ada 100 paket Sembako yang akan didistribusikan di dua Desa di Kecamatan Nanga Pinoh, yakni Desa Kelakik dan Desa Baru.

 

"Kami tidak punya banyak personil untuk turun ke lapangan  mendistribusikan bantuan dari para donatur dan muzakki. Karenanya kami mangajak mitra kerja di lapangan, yakni GP Ansor, Banser penyuluh agama dan PMI Melawi untuk ikut serta," kata Ali Murtadho, Kamis (16/7).

 

Kiso selaku Wakil Ketua Baznas bidang pendistribusian tersebut menambahkan bahwa Ansor dan Banser sangat diharapkan kiprahnya dalam suasana seperti ini. Hal tersebut demi memastikan pendistribusian sejumlah bantuan dapat benar-benar diterima warga terdampak. 

 

"Kami sengaja mengajak personil Banser karena merupakan pasukan serbaguna yang dimiliki Nahdlatul Ulama," katanya.

 

Pada kegiatan ini Wakil Ketua Ansor, Wahib Ubaidillah, Wakil Ketua Satkorcab Banser Melawi Tomi Bahtiar dan Kepala Satuan Provos Banser Melawi Komandan Iguh turun langsung dalam aksi ini.

 

Wahib Ubaidillah sangat mengapresiasi peran serta personil Banser Melawi dalam pengawalan dan pendistribusian bantuan Baznas. Dalam pantauannya, sejumlah personil bahkan harus berjibaku dengan keadaan alam yang kurang bersahabat.

 

“Banser tidak segan berenang di kubangan banjir, bahkan harus memanjat atap rumah untuk bisa mengantarkan paket Sembako untuk warga yang terisolir dan tetap bertahan di rumah masing-masing,” katanya.

 

Dirinya senang melihat sinergi antara GP Ansor dan Baznas Melawi. Diharapkan ke depan, kerja sama akan terus berlanjut. Dan Banser Melawi akan selalu siap jika diminta peran sertanya untuk membantu.

 

Kontributor: Siti Maulida
Editor: Ibnu Nawawi
 

BNI Mobile