Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Tingkatkan Pengabdian, NU Karangawen Demak Sediakan Ambulans 

Tingkatkan Pengabdian, NU Karangawen Demak Sediakan Ambulans 
Mobil layanan umat milik MWCNU karangangawen Demak bantuan Bank Mandiri (Foto: NU Online/Shiddiq)
Mobil layanan umat milik MWCNU karangangawen Demak bantuan Bank Mandiri (Foto: NU Online/Shiddiq)

Demak, NU Online

Pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Karangawen, Demak, Jawa Tengah kini merasa bangga karena cita citanya selama ini untuk memiliki mobil layanan umat atau ambulans bisa terwujud. 

 

Ketua MWCNU Karangawen Kiai Abdullah Zaini usai rapat dengan Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZINU) Karangawen di Kantor MWCNU setempat kepada NU Online Jumat (17/7) mengatakan, keinginannya bersama pengurus yang lain untuk bisa melayani umat secara maksimal di bidang transportasi kesehatan sudah lama.

 

"Hal ini didasarkan setelah banyaknya keluhan di masyarakat tentang minimnya alat transportasi kesehatan khususnya masyarakat yang tidak memiliki biaya transportasi untuk berobat ke rumah sakit," ujarnya.

 

Dikatakan, setelah melakukan pendekatan kepada lembaga perbankan yakni Bank Mandiri melalui program Corporate Social Responsibility (CSR), Alhamdulillah cita-cita kami untuk mempunyai mobil layanan umat sudah terwujud," ungkapnya.

 

Menurutnya, dengan adanya mobil ambulans, MWCNU Karanganyar semakin maksimal memberikan pelayanan kepada masyarakat untuk semua kelompok maupun golongan.

 

"Semoga kami bisa memaksimalkan pelayanan sosial kepada masyarakat khususnya mereka yang tidak memiliki biaya transportasi untuk berobat ke rumah sakit” katanya.

 

Dalam kesempatan itu Kiai Zaini menambahkan, mobil layanan umat tersebut bantuan dari Bank Mandiri berkat bantuan komunikasi anggota FPKB DPR RI dari komisi IX H Fathan Subchi dengan pihak bank mandiri yang akhirnya permohonan dari NU diterima.

 

"Mobil ini bisa kami miliki berkat bantuan Fatchan anggota FPKB DPR RI dari komisi IX dengan fihak bank mandiri. Karena dianggap masyarakat Karangawen sangat membutuhkan, maka permohonan kami disetujui,” tambahnya. 

 

Penyerahan dokumen kendaraan ambulans bantuan dari Bank Mandiri kepada MWCNU Karangawen, Demak (Foto: Shiddiq)

 

Perwakilan dari Bank Mandiri Daniel usai penyerahan surat-surat kendaraan kepada Ketua MWCNU di Kantor Bank Mandiri Jalan Pemuda Semarang mengharapkan mobil layanan umat bisa digunakan sesuai peruntukannya.

 

"Kami hanya bisa mengharap semoga bantuan kami benar-benar bermanfaat sesuai kebutuhan masyarakat,” ucapnya.

 

Sekretaris MWCNU Karangawen Nur Alim mengatakan, selama ini mobil layanan umat sudah digunakan mengantar pasien berobat baik di lingkungan Karangawen, wilayah Kabupaten Demak sendiri bahkan lintas kabupaten tetangga seperti Kota dan Kabupaten Semarang, kabupaten Grobogan, Kendal, dan Salatiga sudah merasakannya.

 

"Sejak kami menerima mobil layanan umat ini langsung dimanfaatkan oleh warga untuk mengantarkan keluarganya yang sakit untuk dibawa kerumah sakit sekitar, pertama kali yang mengantarkannya adalah saya sendiri, dan alhamdulillah semuanya gratis tanpa dipungut biaya,” tegasnya.

 

Untuk bisa melayani umat secara maksimal sampai 24 jam lanjutnya, NU Karangawen mempersiapkan beberapa relawan sopir dan asistennya berjaga dengan terjadwal dan bergilir yang mayoritas dari anggota Banser dan telah lulus dari latihan yang diselenggarakan dengan Rumah Sakit Islam NU Demak.

 

Kontributor: A Shiddiq Sugiarto
Editor: Abdul Muiz

BNI Mobile