Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Ansor Banser dan BPR BKK Banyumas Bermitra untuk Perkuat Sektor Ekonomi 

Ansor Banser dan BPR BKK Banyumas Bermitra untuk Perkuat Sektor Ekonomi 
Gerakan tanam pisang oleh Ansor Banser Banyumas untuk perkuat ekonomi anggota (Foto: NU Online/Kifayatul Ahyar)
Gerakan tanam pisang oleh Ansor Banser Banyumas untuk perkuat ekonomi anggota (Foto: NU Online/Kifayatul Ahyar)

Banyumas, NU Online 

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah berkerjasama dengan BPR BKK Purwokerto (Perseroda) Cabang Ajibarang melakukan pengembangan pada sektor perekonomian warga di bidang pertanian, peternakan, dan industri kreatif.

 

Kemitraan tersebut terjalin atas dasar prinsip gotong royong dan bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan produktivitas perekonomian warga masyarakat. Serta untuk mendorong tumbuhnya industri-industri kreatif dan UKM di tengah masyarakat. 

 

Ketua Ekonomi Ansor Ajibarang, Buang Sutoyo kepada NU Online, Ahad (19/7)  mengatakan, kerja sama dengan BPR BKK diharapkan dapat meningkatkan pendapatan keluarga untuk kebutuhan sehari-hari.

 

"Selama ini kendala yang dialami oleh Tim Ekonomi Ansor adalah permodalan, sumber daya manusia, dan pemasaran. Di permodalan misalnya, kurangnya modal untuk melakukan kegiatan usaha, kemudian terbatasnya SDM untuk mengelola nya serta akses pemasaran produk yang terbatas," paparnya. 

 

Dikatakan, dengan membangun kerja sama ini, pihaknya berharap ada kegiatan pelatihankepada kader Banser untuk pengolahan bahan hingga pemasaran.

 

"Kami berharap, dalam kerja sama ini juga nantinya akan dilakukan pelatihan atau pendidikan kepada kader Ansor Banser untuk mengelola unit usaha, dari produksi hingga pemasaran produk," tegasnya. 

 

Pimpinan BPR BKK Cabang Ajibarang, Raso menyampaikan, di lokasi sentra buah pisang Ansor Banser mengatakan bahwa apa yang telah dilakukan oleh teman-teman Ansor Banser merupakan sesuatu yang sangat baik, sesuai dengan apa yang di instruksi kan oleh Bupati dan Gubenur, yaitu menjaga ketahanan pangan. 

 

"Saya merasa tugas Ansor Banser di bidang ekonomi bukan hanya sampai di situ saja, melainkan bisa dibawa ke wilayah yang lebih luas lagi," katanya. 

 

Raso mencontohkan bahwa hari ini di bidang pertanian Ansor Banser sudah melaksanakan penanaman pohon pisang, pohon singkong, pepaya, dan berbagai tumbuhan sayuran lainnya. Di bidang peternakan melakukan ternak ikan lele. 

 

"Setelah semua bisa di panen, bahan mentah tersebut tidak langsung dijual, melainkan di proses produksi dulu menjadi suatu produk yang memiliki nilai ekonomi tinggi seperti keripik pisang, keripik pepaya, abon ikan lele atau yang lainnya," ungkapnya. 

 

"Dan tugas kita sebagai mitra adalah melakukan pendampingan semua sektor yang sedang digarap agar tidak hanya berhenti sampai pada bahan mentah saja, melainkan kami dampingi sampai ke produksi hingga pemasaran produknya," sambungnya.

 

PT BPR BKK Purwokerto merupakan kepanjangan dari Bank Perkreditan Rakyat Bank Kredit Kecamatan adalah perusahaan yang bergerak di bidang perbankan, berdiri sejak tahun 1969 di Purwokerto Banyumas Jawa Tengah. 

 

Selain bermitra dengan PT BPR BKK, Ansor Banser Ajibarang juga bermitra dengan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Ajibarang di bidang pengelolaan penetasan telur bebek dan ayam. 

 

"Dari seluruh proses tersebut semoga bisa berjalan dengan lancar dan bisa meningkatkan ekonomi para kader," pungkasnya. 


Kontributor: Kifayatul Ahyar
Editor: Abdul Muiz

BNI Mobile