Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Bantuan Gerobak LAZISNU bagi Pelaku Usaha di Kota Madiun

Bantuan Gerobak LAZISNU bagi Pelaku Usaha di Kota Madiun
Bantuan NU care-LAZISNU bagi usaha produktif untuk warga terdampak Corona di Kota Madiun. (Foto: NU Online/Rof Maulana)
Bantuan NU care-LAZISNU bagi usaha produktif untuk warga terdampak Corona di Kota Madiun. (Foto: NU Online/Rof Maulana)

Madiun, NU Online

Imbas dari pandemi Corona memukul sendi kehidupan warga. Tidak sedikit yang mengalami kesulitan ekonomi lantaran beragam usaha yang digeluti sepi peminat. Sejumlah pelaku usaha banyak tumbang bahkan terancam gulung tikar. 

 

Sebagai ikhtiar mengangkat ekonomi warga, NU Care Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kota Madiun, Jawa Timur memberikan perhatian. Solusi yang diberikan adalah dengan memberikan bantuan bagi pelaku usaha kecil. 

 

Program ini dinamakan dengan ekonomi produktif yang menjangkau Kelurahan Tawangrejo, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun. Kegiatan dipusatkan di kediaman Puri Rahayu selaku pelaku usaha non formal di jalan Kiai Hamdani.

 

Puri Rahayu salah satu penerima program ekonomi produktif mengatakan program ini sangat bermanfaat bagi dirinya di tengah pandemi. Dirinya bisa kembali berjualan usai dihantam virus yang hingga kini tak juga ditemukan penangkalnya tersebut.

 

"Alhamdulillah, terima kasih banyak atas bantuan dari NU Care-LAZISNU Kota Madiun,” kata Puri. 

 

Dalam pandangannya, perhatian yang diberikan sangat bermanfaat untuk dirinya dan juga banyak pihak yang dibantu. 

 

Sedangkan menurut Sudjianto selaku Ketua Pengurus Cabang (PC) NU Care-LAZISNU Kota Madiun mengemukakan bahwa bantuan bertujuan meningkatkan dan memulihkan ekonomi warga. 

 

“Ibu Puji adalah pelaku usaha non formal yang berjualan di jalan kecil yang ada di kawasan rumahnya. Keliling gang setiap hari dengan mencari nafkah untuk menghidupi kedua putranya seorang diri,” jelasnya.

 

Puri adalah janda yang berjuang menghidupi kedua putranya. Setiap hari harus berkeliling menjajakan barang dagangan seorang diri. Kendati demikian, semangatnya demikian tinggi dan tidak ingin mengeluh, apalagi menjadi beban orang lain.

 

Disampaikan Sudjianto, pandemi berpengaruh bagi pelaku usaha. Untuk itu dengan program ekonomi produktif membantu meringankan dengan bantuan modal dan warung binaan NU Care LAZISNU Kota Madiun. 

 

Bantuan yang diberikan antara lain berupa rombong yang nantinya dapat menjadi sarana untuk menjajakan barang dagangan secara lebih leluasa.. 

 

"Diharapkan program ekonomi produktif ini bisa bermanfaat dan berkelanjutan ke depannya untuk kebangkitan ekonomi di tengah pandemi Covid-19," terangnya. 

 

Program ini rencananya akan terus berlangsung dikawal dari Nu Care-LAZISNU Kota Madiun. Hal tersebut agar para pelaku usaha non formal atau usaha kecil perekonomiannya bisa kembali stabil di tengah pandemi Covid-19. 

 

Kontributor: Rof Maulana
Editor: Ibnu Nawawi

BNI Mobile