Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

LAZISNU Salurkan Bantuan Tahap Awal Pembangunan Rumah Kiai Toha

LAZISNU Salurkan Bantuan Tahap Awal Pembangunan Rumah Kiai Toha
Penyerahan secara simbolis bantuan untuk Kiai Toha. (Foto: LAZISNU)
Penyerahan secara simbolis bantuan untuk Kiai Toha. (Foto: LAZISNU)

Banyumas, NU Online
NU Care-LAZISNU kembali menyalurkan bantuan untuk salah seorang warga yang mendapat musibah kebakaran rumah di Desa Karangturi, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.


Adalah Tukhadi Toha (48), seorang guru ngaji dan imam masjid di RT 02 RW 02 Desa Karangturi. Rumahnya habis dilahap si jago merah pada 20 Juni 2020, akibat korsleting listrik. Tidak ada korban jiwa pada peristiwa tersebut, tetapi rumah yang dihuni tujuh jiwa itu, kini sudah hangus dan tak berbentuk.

 
"Saat kejadian kebakaran saya sedang di masjid, salat asar, istri sedang takziah. Pas begitu pulang melihat api sudah membakar rumah, dan anak saya satu di dalam. Alhamdulillah, dia selamat. Barang yang tersisa ada akta kelahiran, akta nikah, motor satu. Yang lain habis, tapi alhamdulillah nyawa masih bisa terselamatkan," ungkap Kiai Toha, biasa disapa, saat menerima bantuan dari NU Care-LAZISNU, Kamis (2/7).

 

Adapun bantuan yang disalurkan NU Care-LAZISNU yaitu bantuan uang tunai senilai Rp10 juta untuk biaya pembangunan rumah.

 

"Bantuan itu tahap awal dari pembangunan rumah beliau, Kiai Toha. Kita titipkan kepada NU Care-LAZISNU Banyumas untuk penyaluran bantuannya," kata Manajer Penyaluran Pengurus Pusat (PP) NU Care-LAZISNU, Ahyad Alfida’i di Jakarta.

 

Sebelumnya, selang sehari dari kejadian, Pengurus Cabang (PC) NU Care-LAZISNU Banyumas telah turun menyalurkan bantuan kebutuhan pokok kepada keluarga Kiai Toha.

 

NU Care-LAZISNU Banyumas bersama Pengurus Pusat (PP) NU Care-LAZISNU berkomitmen untuk membangun kembali rumah Kiai Toha.

 

"Terima kasih untuk LAZISNU Pusat maupun daerah yang telah membantu pembangunan rumah kami, dan semua donatur yang sudah membantu. Semoga bermanfaat. Saya hanya dapat mendoakan, semoga mendapat balasan dari Allah yang lebih baik, lebih manfaat, lebih berkah," ucap Kiai Toha.

 

Kontributor: Wahyu Noerhadi

Editor: Kendi Setiawan

BNI Mobile