Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

20 Rumah Sakit di Jatim Terima Bantuan Alat Kesehatan dari LAZISNU

20 Rumah Sakit di Jatim Terima Bantuan Alat Kesehatan dari LAZISNU
Tenaga medis RSI Siti Hajar Sidoarjo menerima paket APD dari NU Care LAZISNU Jatim. (Foto: NU Online/Rof Maulana)
Tenaga medis RSI Siti Hajar Sidoarjo menerima paket APD dari NU Care LAZISNU Jatim. (Foto: NU Online/Rof Maulana)

Surabaya, NU Online

Masih tingginya warga yang positif mengidap virus Corona hendaknya menyadarkan semua pihak untuk saling bersinergi. Berbagai kalangan sudah selayaknya bahu-membahu demi memastikan Covid-19 dapat segera diatasi dengan baik.

 

Berangkat dari kondisi ini, Satuan Tugas Tanggap Covid-19 NU Jawa Timur kembali menyerarahkan Alat Pelindung Diri atau APD kepada sejumlah rumah sakit. Hal tersebut sebagai dukungan terhadap tim medis sebagai garda terdepan dalam penanganan pasien terpapar virus Corona.

 

Bahkan, Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim, KH Marzuki Mustamar secara simbolis menyerahkan bantuan APD kepada dokter Hidayatullah, Direktur Rumah Sakit Islam (RSI) Siti Hajar, Sidoarjo.

 

Bantuan dari Pengurus Wilayah NU Care-LAZISNU Jatim tersebut diserahkan secara simbolis. Nantinya, APD diserahkan kepada setidaknya 20 rumah sakit yang yang telah ditunjuk Pengurus Wilayah (PW) Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Jatim. 

 

“Bantuan APD dibentuk menjadi empat tim keberangkatan untuk memberikan pelayanan kepada dokter dan puluhan rumah sakit di Jatim,” kata A Afif Amrullah kepada NU Online, Kamis (23/7). 

 

Ketua PW NU Care-LAZISNU Jatim tersebut menjelaskan bahwa empat tim bergerak ke beberapa rumah sakit yang telah ditentukan. Di antaranya adalah menuju RSI Mabarot Bungah Gresik, RSI Nasrul Umah Lamongan, RSNU Tuban, RSNU Bojonegoro. 

 

Sedangkan tim dua menuju RSI A Yani, RSI Jemursari Surabaya, RSI Darus Syifa’ Surabaya. Tim tiga menuju RS Sakinah Medika, RSI Mojokerto, RS Unipdu Medika Jombang, RSNU Jombang, RSU Lirboyo, RS Syuhada Haji Blitar dan RSI Tulungagung. Sedangkan tim empat ke RSNU Bangil dan RSNU Banyuwangi.

 

“Bantuan yang kami distribusikan untuk rumah sakit ini hasil dari donasi Konjen RRT Surabaya, Pengurus Pusat NU Care-LAZISNU dan dari Tokopedia Salam,” jelas dosen Universitas Sunan Giri (Unsuri) Surabaya tersebut.

 

Selain itu, Afif mengatakan bahwa pendistribusian APD sekalian mengajak pihak rumah sakit yang berada di bawah Arsinu atau Asosisasi Rumah Sakit Nahdlatul Ulama untuk pengelolaan dana zakat, infaq, sedekah dan dana sosial lainnya melalui LAZISNU Jatim.

 

Bantuan yang diberikan berupa baju hazmat, masker medis, masker N95, kacamata pelindung, face shield, sarung tangan, shoes cover dan sepatu boots. 

 

Dokter Hidayatullah yang juga Ketua PW LKNU Jatim mengucapkan terima kasih kepada para donatur yang telah mendonasikan APD kepada rumah sakit NU. 

 

“Dengan adanya kepedulian semua pihak, membuat para dokter percaya diri dalam menangani pasien Covid-19. Itu artinya kita bersama-sama melawan virus Corona,” tandas dokter Dayat. 

 

Kontributor: Rof Maulana
Editor: Ibnu Nawawi
 

BNI Mobile