Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Hari Anak Nasional, Kader NU Jombang Sumbang Buku untuk Penggerak Literasi

Hari Anak Nasional, Kader NU Jombang Sumbang Buku untuk Penggerak Literasi
Wakil Ketua PCNU Jombang, H Didin A Sholahdin menyerahkan buku kepada penggerak literasi, Lutfan Efendi. (Foto: NU Online/Syarif Abdurrahman)
Wakil Ketua PCNU Jombang, H Didin A Sholahdin menyerahkan buku kepada penggerak literasi, Lutfan Efendi. (Foto: NU Online/Syarif Abdurrahman)

Jombang, NU Online
Pria asal Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Lutfan Efendi, pedagang pentol keliling belakangan kerap menjadi buah bibir masyarakat setempat. Pasalnya, ia tidak sekadar murni mengais rezeki melalui jualannya itu, tetapi juga sembari menggerakkan budaya literasi kepada pembelinya yang mayoritas dari kalangan anak-anak.


Setiap kali ia berjualan, pemuda yang juga salah seorang anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Jombang itu menyediakan buku bacaan untuk para pembelinya. Mereka dapat membaca buku-bukunya dengan gratis.


Oleh karenanya, bertepatan pada Hari Anak Nasional, Wakil Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Jombang, H Didin A Solahudin menyumbangkan beberapa buku kepadanya.


"Karena ini Hari Anak Nasional, pelanggan pentol Mas Lutfan juga mayoritas anak-anak. Oleh karenanya hari ini kita sumbangkan puluhan buku kepada yang bersangkutan. Agar ada tambahan koleksi bukunya," katanya, Kamis (23/7). 


Menurutnya, puluhan buku yang diberikan ini kebanyakan khusus untuk anak-anak. Buku tersebut antara lain bertema Al-Qur'an, ada juga yang khusus berwarna dan bergambar, cerita-cerita di Al-Qur'an, alam semesta, doa-doa pendek dan lain sebagainya.


"Membaca dan menulis itu tradisi kaum Nahdliyin. Dulu santri di pesantren setiap hari menulis karena tidak punya uang beli kitab. Mereka juga membaca pelajaran hingga hafal," imbuh pria biasa disapa Gus Didin ini.


Ini berharap, Lutfan terus semangat menginspirasi anak muda Indonesia untuk mencintai buku. "Kebetulan hari ini adalah hari anak nasional. Bukti cinta terbaik pada anak adalah membiasakan mereka membaca dan menulis. Ini warisan mulia," ujarnya.


Sementara itu Lutfan Efendi mengaku sangat bersyukur mendapat bantuan dari petinggi PCNU Jombang. Ia tak menyangka mendapat apresiasi dari pengurus NU. "Senang pasti ya, bukunya bagus-bagus. Khusus anak-anak," ungkapnya.


Kebahagian Lutfan bertambah lengkap saat seluruh dagangannya juga diborong semua oleh Gus Didin. Sehingga ia bisa pulang lebih cepat dari biasanya. "Karena dagangannya habis, saya diskusi terkait literasi dengan pemilik Rumah Baca Gang Masjid (RBGM) Mas Luqman. Kader Ansor Jombang juga," tandasnya.


Kontributor: Syarif Abdurrahman 
Editor: Syamsul Arifin

BNI Mobile