Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Enam Proposal PKM Unusa Berhasil Lolos di Tingkat Nasional

Enam Proposal PKM Unusa Berhasil Lolos di Tingkat Nasional
Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) kembali menorehkan prestasi membanggakan. (Foto: NO Online/Ibnu Nawawi)
Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) kembali menorehkan prestasi membanggakan. (Foto: NO Online/Ibnu Nawawi)

Surabaya, NU Online
Usai menggelar dies natalis ke-7, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) terus menorehkan prestasi. Hal ini semakin mengukuhkan bahwa kampus kebanggaan warga NU tersebut memang layak bersaing di kancah nasional, bahkan internasional.

 

Yang terbaru, ada enam proposal Program Kreativitas Mahasiswa Karya Tulis (PKM-KT), dan PKM Gagasan Futuristik Konstruktif (PKM-GFK) dari kampus ini lolos Program Kretivitas Mahasiswa (PKM) tahun 2020. Kegiatan diadakan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) tingkat nasional.

 

Enam proposal yang lolos ini terdiri dari lima proposal PKM-AI, dan Satu proposal PKM-GFK. Lima proposal PKM-AI (Artikel Ilmiah) ini dari mahasiswa M Yoga Mufti Aziz, Diyah Lailys Rahmawati, Renjani Sulistianah, Devi Kusuma Wardani, dan Uliffianita Al Fatikhah. Sedangkan satu proposal PKM-GFK dari mahasiswa Mohamad Rusdiansyah.

Direktur Akademik dan kemahasiswaan (Akmawa) Unusa, Umdatus Soleha menjelaskan lolosnya enam proposal ini membuat bangga. Hal ini dikarenakan tahun 2019 lalu, Unusa hanya lolos dua proposal.

 

"Dengan enam yang lolos ini menjadikan adanya peningkatan dan gairah dari mahasiswa Unusa untuk membuat proposal PKM dengan menuangkan karya tulis serta ide-ide yang cukup bagus," kata Umdatus, Jumat (24/7).

 

Dirinya menjelaskan bahwa lolosnya enam proposal menguatkan Unusa bisa bersaing dengan perguruan tinggi yang besar lainnya. "Setidaknya kita tidak kalah dengan universitas atau perguruan tinggi besar. Jadi, ini membanggakan bagi Unusa," jelasnya.

 

Kenaikan prestasi menjadi tiga kali lipat dari tahun 2019 tersebut menurut Umdatus karena dukungan dari dosen pembimbing maupun universitas. Karena yang dilakukan adalah terus menggelorakan untuk mahasiswa membuat karya tulis tingkat nasional semakin baik. 

 

"Terlebih motivasi dan bimbingan dosen pembimbing, ini membuat mahasiswa semakin termotivasi untuk mengeluarkan ide dan gagasannya," ucapnya.

 

Dalam pandangannya, lolosnya enam proposal PKM ini membuat Unusa akan terus meningkatkan dan menggalakkan mahasiswa untuk membuat karya tulis tingkat nasional. Keberhasilan tersebut juga layak dipertahankan bahkan ditingkatkan.

 

"Dengan lolosnya enam proposal ini menjadikan Unusa semakin bersemangat dan akan terus meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa," pungkasnya. 

Pewarta: Ibnu Nawawi
Editor: Aryudi AR

BNI Mobile