Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Cetak Wirausahawan Muda, Ansor Tangerang Gandeng Universitas Pamulang

Cetak Wirausahawan Muda, Ansor Tangerang Gandeng Universitas Pamulang
Kegiatan pelatihan kewirausahaan sosial Ansor Cipondoh, Kota Tangerang bersama Unpam (Foto: NU Online/Suhendra)
Kegiatan pelatihan kewirausahaan sosial Ansor Cipondoh, Kota Tangerang bersama Unpam (Foto: NU Online/Suhendra)

Tangerang, NU Online
Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Cipondoh, Kota Tangerang, Jawa Barat Masturopal mengatakan, saat ini banyak potensi yang dimiliki kader Ansor dalam bidang ekonomi.

 

"Di antaranya ada yang punya usaha warung makan, toko kitab, toko kopi dan sebagainya, akan tetapi belum dikelola secara baik," ujarnya kepada NU Online, Jumat (24/7).

 

Selain itu lanjutnya, anggota Ansor juga memiliki usaha ternak kambing, warung makan hingga penjualan kitab. 

 

“Anggota kita banyak yang memiliki usaha. Dari mulai usaha kambing, usaha warung makan sampai usaha kitab. Seperti yang dilakukan Sekretaris PAC GP Ansor Cipondoh Muhammad Arifin yang memiliki usaha pengadaan alat perlengkapan pengurus dan anggota Ansor, Banser dan Majlis Dzikir dan Sholawat (MDS) Rijalul Ansor," jelasnya. 

 

Ia menambahkan, para pengurus dan anggota PAC Ansor Kecamatan Cipondoh yang di dalamnya juga terdapat Barisan Ansor Serbaguna (Banser) dan MDS Rijalul Ansor berharap mereka perlu peningkatan kapasitas, agar jualannya semakin maju.

 

"Untuk keperluan itu, kami mengajak kerja sama dengan kampus Universitas Pamulang (Unpam) dalam hal ini tim pengabdian kepada masyarakat untuk mendampingi mereka di dalam melakukan kewirausahaan sosial. Kalau perlu diadakan pelatihan-pelatihan yang lainnya sesuai dengan kebutuhan PAC GP Ansor Kec Cipondoh," ucapnya.

 

Peserta pelatihan kewirausahaan sosial kerja bareng Ansor Cipondoh, Tangerang dengan Universitas Pamulang (Unpam) (Foto: Suhendra)


Menurut Masturopal, Ansor sebagai banom NU memiliki peran strategis, karena Ansor sebagai pencetak kader pengurus NU masa depan. Makanya, segala aspeknya perlu dipersiapkan dan dilatih dari sekarang, termasuk di dalamnya kewirausahaan.

 

Ketua Pengabdian Kepada Masyarakat Unpam Achmad Nur Sholeh menjelaskan, pengabdian kepada masyarakat sebagai salah satu tugas wajib dosen. Selain pengajaran di dalam kelas dan penelitian yang tergabung di dalam Tri Darma Perguruan Tinggi. 

 

"Pengabdian kepada masyarakat di antara 3 tugas yang harus dilakukan oleh seorang dosen," ucapnya.

 

Dosen Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Unpam Ahmad Nazir menyampaikan, Ansor Kecamatan Cipondoh harus memiliki sumber daya manusia yang selalu siap dalam memenuhi kebutuhan masyarakat di bidang sosial.

 

"Untuk itu harus memiliki kemandirian dalam bidang wirausaha yang nantinya akan bermanfaat untuk para pengurus, anggota, dan masyarakat umum di lingkungan sekitar," paparnya.

 

Untuk mengawali kerja sama, Ansor Cipondoh menggelar pelatihan kewirausahaan sosial di Majelis Al-Barokah Jl Ki Hajar Dewantoro, Kelurahan Gondrong, Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang, Ahad (19/7) malam.

 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, ketua PC Ansor Kota Tangerang Ahmad Sudarto, ketua PC Jamiyah Ruqiyah Aswaja (JRA) Kota Tangerang Ma’mun Hasani, Ketua MDS Rijalul Ansor Kecamatan Cipondoh Ust.Syarif Hidayatullah dan anggota PAC GP Ansor Cipondoh. 

 

Kontributor: Suhendra
Editor: Abdul Muiz

BNI Mobile