Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Akhiri Periode Kepengurusan, Muslimat NU Brebes Miliki Gedung Baru  

Akhiri Periode Kepengurusan, Muslimat NU Brebes Miliki Gedung Baru  
Ketua PAC Muslimat NU Jatibarang periode 2015-2020 Hj Farikha saat menyampaikan laporan pertanggungjawaban pengurus (Foto: NU Online/Wasdiun)
Ketua PAC Muslimat NU Jatibarang periode 2015-2020 Hj Farikha saat menyampaikan laporan pertanggungjawaban pengurus (Foto: NU Online/Wasdiun)

Brebes, NU Online
Mengakhiri masa kepengurusan, Pengurus Pimpinan Anak Cabang (PAC) Muslimat NU Jatibarang, Brebes, Jawa Tengah masa khidmat 2015-2020 mempersembahkan bangunan gedung baru untuk kegiatan organisasi dan umat. 

 

Gedung berlantai 2 tersebut dimanfaatkan untuk kegiatan Raudlatul Athfal (RA), sekretariat, dan ruang serba guna telah menyerap anggaran Rp1 miliar.

 

Ketua PAC Muslimat NU Jatibarang Hj Farikha mengatakan, pembangunan gedung sangat mendesak bagi Muslimat NU Jatibarang. Pasalnya, selain untuk kebutuhan organisasi, juga untuk kegiatan belajar mengajar Raudlatul Athfal.

 

“Alhamdulillah, kita telah memiliki gedung dua lantai yng difungsikan untuk RA Muslimat NU dan sekretariat di lantai bawah dan ruang serbaguna di lantai atas,” ucapnya.

 

Hal itu diungkapkan saat dirinya menyampaikan laporan pertanggungjawaban  pengurus di hadapan peserta Konferensi Anak Cabang (Konferancab) Muslimat NU Jatibarang, Jumat (24/7).

 

Disampaikan, dana sebesar Rp1 miliar tersebut bersumber dari masyarakat dengan rincian Rp600 juta berupa uang tunai, Rp100 juta berupa bahan material dan 3 kapling tanah wakaf senilai Rp300 juta. 

 

"Alhamdulillah dana yang terkumpul dari masyarakat senilai Rp1 miliar ada yang berupa uang tunai, material, dan tanah wakaf," ucapnya.

 

Sertijab Ketua PAC Muslimat NU yang lama ke Ketua PAC yang baru pada Konferancab Muslimat NU Jatibarang, Brebes, Jateng (Foto: Wasdiun)

 

Farikha mengaku bersyukur sekali di akhir masa khidmatnya bisa membangun gedung sebagai pusat kegiatan dan administrasi organisasi. Untuk itu, mewakili segenap jajaran pengurus, dirinya mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada masyarakat dan seluruh pihak yang turut berpartisipasi membangun gedung tersebut.

 

"Pembangunan gedung ini tidak akan bisa terealisasi tanpa adanya partisipasi dan bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, kami dan segenap jajaran Pengurus PAC Muslimat Jatibarang mengucapkan terima kasih," ungkapnya.

 

Disampaikan Farikha, dibangunnya gedung muslimat yang juga dimanfaatkan untuk Raudlatul Athfal (RA) atau setingkat Taman Kanak-kanak (TK) untuk memenuhi keinginan masyarakat yang merindukan sekolah berlatar belakang agama di usia dini. Sehingga tercipta generasi penerus bangsa yang sehat, ceria, kreatif,
berakhlak, dan bertakwa. 

 

“Sebelumnya, PAC sudah memiliki TK Muslimat NU, tetapi kian tahun permintaan masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di RA sangat tinggi, sedang gedungnya belum ada maka perlu dibangun gedung baru,” kata Farikha.

 

"Muslimat Jatibarang sangat gembira, karena tiba-tiba ada aghnia (orang kaya) yang mewakafkan tanahnya untuk pembangunan gedung RA sehingga keinginan tersebut bisa terwujud," sambungnya. 

 

Dijelaskan, bangunan seluas 565 meter persegi itu berdiri di atas tanah wakaf atas pemberian H Moh Ali Hinah dan Hj Faridah Ali seluas 390 meter persegi dan pasangan H Zaenudin dan Hj Fairdah Zaenudin seluas 175 meter persegi. 

 

"Peletakan batu pertama dilakukan pada 14 Mei 2014 oleh Kiai Kharismatik asal Jatibarang KH Rosyidi Malawi, KH Farikhin, Mutasyar PC NU Brebes KH Syeh Ahmad Said Basalamah dan Ketua PAC Muslimat NU Jatibarang," tuturnya. 

 

Konferancab yang mengusung tema 'Tingkatkan Peran Perempuan yang Berkualitas menuju Masyarakat Damai, Sejahtera, dan Religius' mengagendakan laporan pertanggunjawaban pengurus, pemilihan pengurus masa khidmat 2020-2025, dan penetapan program kerja.

 

Dalam pemilihan pengurus yang dipimpin oleh PC Muslimat NU Brebes, terpilih sebagai ketua Hj Tainur Isrotun untuk lima tahun ke depan. 

Ketua terpilih Hj Tainur Isrotun mengatakan, dirinya bersama tim formatur secepatnya akan melengkapi susunan pengurus dan berjanji akan meneruskan program-program yang baik tinggalan pengurus sebelumnya dan membuat terobosan program yang bermanfaat untuk kemaslahatan umat.

 

"Insyaallah bersama seluruh pengurus PAC Muslimat yang dibentuk nanti kami akan berkhidmat untuk kemajuan Muslimat dan NU di Kecamatan Jatibarang," ucapnya.

 

Tampak hadir pada Konferancab Muslimat NU Jatibarang antara lain seluruh perwakilan Pengurus Ranting Muslimat NU se-Kecamatan Jatibarang, Pimpinan Cabang Muslimat NU Brebes, Ketua MWCNU dan para ketua Banom NU yakni GP Ansor, Fatayat, IPNU, IPPNU, Kepala Desa Kertasinduyasa dan Camat
Jatibarang. 

 

Kontributor: Wasdiun
Editor: Abdul Muiz
 

BNI Mobile