Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Ansor Bojonegoro 'Sumbang Darah' di Tengah Pandemi Covid-19

Ansor Bojonegoro 'Sumbang Darah' di Tengah Pandemi Covid-19
Aksi donor darah Ansor-Banser Baureno, Bojonegoro (Foto: NU Online/M Yazid)
Aksi donor darah Ansor-Banser Baureno, Bojonegoro (Foto: NU Online/M Yazid)

Bojonegoro, NU Online
Aksi nyata ditunjukkan Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur di tengah pandemi Covid-19, Jumat (24/7) malam. 

 

"Aksi ini sebagai bentuk kepedulian para pemuda Nahdlatul Ulama (NU) atas kurangnya stok darah di PMI dan sekaligus sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama yang membutuhkan darah," ujar Ketua PAC GP Ansor Baureno Rahmat Mualim.

 

Dikatakan, aksi donor darah tersebut merupakan aksi kemanusiaan di tengah pandemi Covid-19. Hal ini dilakukan untuk membantu ketersediaan darah di PMI Bojonegoro.

 

"Ini bentuk khidmat pada negeri, bakti sosial dan peduli kemanusiaan bagi sahabat Ansor, Banser, dan warga NU Baureno untuk membantu ketersediaan stok darah di PMI," jelasnya di sela-sela kegiatan donor darah GP Ansor bersama PMI Bojonegoro tersebut.

 

Disampaikan, kebutuhan darah untuk wilayah Bojonegoro di tengah pandemi Covid-19 dimungkinkan terus mengalami peningkatan. Untuk ikut lanjut Rahmat, memenuhi kebutuhan kantong darah, ratusan kader Ansor NU Baureno menggelar aksi donor darah.

 

"Diharapkan aksi kemanusiaan berupa gerakan aksi donor darah in, menjadi agenda rutin dan sudah berjalan sejak periode kepengurusan sebelumnnya yang dilaksanakan tiga bulan sekali," ucapnya. 

 

Dikatakan, aksi gelar donor darah sebagai bentuk cinta tanah air dan Ansor ikut menjaga NKRI dan cinta tanah air, kita tunjukkan melalui bakti sosial donor darah.

 

"Harapannya gerakan aksi ini bisa terus menerus digelar dengan istiqamah dan dapat menjadi agenda organisasi yang bisa dilakukan secara rutin," tuturnya.

 

Aktivis muda yang juga guru di Kecamatan Baureno itu menambahkan, Ansor Baureno sebelumnya sudah melakukan sosialisasi secara maksimal agar peserta yang datang bisa lebih banyak lagi. Setidaknya peserta yang mengikuti kegiatan donor darah sekitar 30 orang lebih. 

 

"Sebenarnya banyak juga anggota Ansor dan juga Banser yang menjadi relawan PMI. Kami akan lakukan edukasi kepada seluruh kader terkait manfaat donor darah baik bagi dirinya sendiri maupun orang lain," imbuh Rahmat.

 

Ia memohon doanya bagi seluruh kader Ansor, semoga gelaran donor darah bisa dilakukan secara kontinyu dan istiaomah. Ini bukti bahwa Ansor selalu berkhidmah pada negeri, bakti sosial dan peduli pada kemanusiaan. 

 

"Karena setetes darah kita, membawa sejuta manfaat bagi mereka," pungkas pria yang hobi berolahraga itu.

 

Salah satu anggota Banser, Hidayat mengungkapkan, dirinya secara rutin mengikuti donor darah baik yang digelar oleh Ansor maupun yang lainnya.  "Dengan berdonor darah bisa menyehatkan badan, sirkulasi darah menjadi lebih lancar," ucapnya.

 

Kontributor: M Yazid
Editor: Abdul Muiz
 

BNI Mobile