Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Meski Pandemi, Ansor Jatim Tetap Lakukan Konsolidasi

Meski Pandemi, Ansor Jatim Tetap Lakukan Konsolidasi
Turba PW GP Ansor Jatim tgetap memperhatikan protokol kesehatan. (Foto: NU Online/Rof Maulana)
Turba PW GP Ansor Jatim tgetap memperhatikan protokol kesehatan. (Foto: NU Online/Rof Maulana)

Probolinggo, NU Online 

Meski hingga kini pandemi Corona belum diketahui kapan akan berakhir, hal tersebut hendaknya tidak dijadikan alasan untuk menyapa dan merekatkan jalinan organisasi.

 

Semangat itu juga yang tengah dilakukan Pimpinan Wilayah (PW) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Jawa Timur melaksanakan turba (turun ke bawah) ke beberapa pimpinan cabang. Dan pada Sabtu (25/7) menyapa Pimpinan Cabang (PC) GP Ansor Kabupaten Probolinggo. 

 

“Kita melakukan turba untuk menggerakkan kembali kepengurusan Ansor agar terus berkhidmat kepada masyarakat di tengah masa pandemi ini,” kata Ketua PW GP Ansor Jatim, H M Syafiq Syauqi. 

 

Dalam pandangan pria yang akrab disapa Gus Syafiq tersebut, bahwa Ansor harus membantu menyadarkan masyarakat untuk terus menggerakkan amaliah Ahlussunnah Waljamaah An-Nahdliyah.

 

Selain itu Gus Syafiq mengatakan, tujuannya datang ke daerah untuk mengingatkan para kader, agar tetap berkhidmat kepada masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Pada saat yang sama menata, melakukan evaluasi terkait administrasi Ansor. 

 

“Seluruh kader Ansor Jatim tidak boleh surut tekad dan semangatnya dalam membentengi akidah Ahlussunnah Waljamaah An-Nahdliyah, apalagi di masa seperti ini. Virtual, media sosial menjadi alat dakwah kita,” tegasnya.

 

Dikemukakan bahwa jangan sampai kader alpa. Karena kalau ini terjadi dan Ansor tidak hadir di tengah masyarakat, maka dikhawatirkan akan ada ideologi lain.

 

“Hal itu akan mendominasi dengan melakukan inflitrasi yang bertentangan dengan kebhinekaan, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan moderatisme Islam rahmatan lil alamin,” jelas dia.

 

Gus Syafiq mengingatkan pengurus Ansor hingga desa untuk lebih memperhatikan tertib administrasi. Karena jika administrasi sebuah organisasi baik, maka baik pula seluruh program yang dijalankan.


Sementara itu, Wakil Ketua Pimpinan Cabang GP Ansor Kabupaten Probolinggo, H Misbahul Munir menyatakan kader Ansor siap menggerakkan roda organisasi sesuai amanah.

 

Penataan dan penguatan kader Ansor di seluruh sektor yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, menjadi salah satu target program jangka panjang PC GP Ansor Kabupaten Probolinggo.

 

“Pandemi Covid-19 yang berlangsung sekitar 4 bulan ini, menjadi tolok ukur kader Ansor kita siap berkhidmat kepada masyarakat,” katanya. Hal tersebut dibuktikan dengan masifnya kader turun memberikan bantuan kepada masyarakat hingga di kampung yang sulit dijangkau, lanjutnya.


Pada pertemuan itu, tetap melaksanakan protokol kesehatan. Seperti menggunakan masker, cuci tangan dengan air mengalir dan melakukan mengecekan suhu badan sebelum memasuki ruangan. 

 

Kontributor: Rof Maulana
Editor: Ibnu Nawawi
 

BNI Mobile