Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Innalillahi, Mustasyar NU Rembang KH Haizul Ma'ali Wafat

Innalillahi, Mustasyar NU Rembang KH Haizul Ma'ali Wafat
Almarhum KH Haizul Ma'ali
Almarhum KH Haizul Ma'ali

Rembang, NU Online
Innalillahi wa inna ilaihi rajiun, kabar duka kembali datang dari keluarga besar Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Rembang. Mustasyar PCNU Rembang, Jawa Tengah, KH Haizul Ma'ali wafat Ahad (26/7) pukul 21.00 WIB. Almarhum wafat di rumahnya Desa Sidorejo, Kecamatan Sedan, Kabupaten Rembang.

 

KH Haizul Ma'ali merupakan Pengasuh Pesantren Misykatul Anwar Desa Sidorejo Kecamatan Sedan Rembang. Selain itu KH Haizul Ma'ali juga dikenal sebagai sesepuh Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Rembang.

 

"Kami di PCNU Rembang merasa sangat kehilangan seorang tokoh besar yang alim, bagian dari ulama," kata Sekretaris PCNU Rembang Muhtar Nur Halim kepada NU Online, Ahad (26) malam.

 

Selain itu ungkapnya, walaupun Kiai Haizul berperan dalam politik praktis, tapi penyanyang kepada siapa saja di luar konteks politik pilihannya. "Almarhum Kiai Haizul sosok penyayang, walaupun beda warna partai politik  tidak membeda-bedakan dan tetap menjadi penyayang dan pangayom," tambah Muhtar.

 

Dikatakan, peran KH Khaizul Ma'ali di PCNU Rembang sangat luar biasa, mulai dari menjabat sebagai Rais Syuriyah dan kini sebagai Mustasyar bersama almarhum KH Sahlan M Nur.

 

"Kiai Haizul sangat kuat sekali mendorong kader-kader muda untuk menggerakkan jamiyah Nahdlatul Ulama di Kabupaten Rembang. Selain itu juga sangat terbuka memberikan nasihat kepada siapa saja," katanya.

 

Nailul Nawal mengatakan, bahwa KH Haizul Ma'ali ini sosok yang alim tapi tetap menjalankan kesederhanaan.

 

"Kiai Haizul dekat dengan santrinya dan sosok yang teguh dalam mempertahankan amar ma'ruf nahi munkar. Sosok yang peduli dengan orang kecil, sosok yang suka bersilaturahim, menjenguk orang sakit dan menghiburnya," jelas pria yang akrab disapa Gus Ilul tersebut.

 

Kontributor : Aan Ainun Najib
Editor: Abdul Muiz

BNI Mobile