Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Gandeng TNI dan Polri, Banser Pekalongan Tangani Lingkungan Terdampak Rob

Gandeng TNI dan Polri, Banser Pekalongan Tangani Lingkungan Terdampak Rob
Bareng TNI dan Polri, Banser Kabupaten Pekalongan perbaiki tanggul pantai di Kecamatan Wonokerto .(Foto: Dokumen Banser Kab. Pekalongan)
Bareng TNI dan Polri, Banser Kabupaten Pekalongan perbaiki tanggul pantai di Kecamatan Wonokerto .(Foto: Dokumen Banser Kab. Pekalongan)

Pekalongan, NU Online
Satuan Koordinasi Cabang (Satkorcab) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, bersama unsur Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menggelar bakti sosial di Dukuh Semonet, Desa Semut, Kecamatan Wonokerto, Kabupaten Pekalongan, Ahad (26/7). 


"Banser selain harus memiliki jiwa korsa yang kuat, juga harus memiliki jiwa kepekaan sosial yang tinggi terhadap kondisi masyarakat sekitar, kapan pun dan di manapun," ungkap Kepala Satkorcab Banser Kabupaten Pekalongan Muhammad Muchsibudin.


Dikatakan, dilihat dari kepanjangan Banser adalah Barisan Ansor Serbaguna, sebagai Banser harus selalu siap dan tanggap serta bisa ditempatkan di manapun saat masyarakat membutuhkan.


"Bakti Sosial yang kita lakukan bersama unsur TNI dan Polri untuk membuat tanggul penahan rob merupakan salah satu contohnya dan masih banyak contoh yang lain," imbuhnya.


Disampaikan, kegiatan bakti sosial diikuti ratusan anggota Banser dan unsur TNI dan Polri diharapkan dapat membantu masyarakat terdampak rob di kawasan pesisir Pantai Utara Pekalongan.


"Upaya yang kita lakukan adalah pembuatan tanggul darurat agar masyarakat di dekat pantai tidak lagi kena rob," ucapnya.


Salah seorang peserta yang mengikuti kegiatan tersebut, Manan Firmansyah, yang juga menjabat sebagai Kepala Unit Banser Tanggap Bencana (Bagana), menyatakan sangat senang dan bangga bisa bergabung menjadi bagian dari Banser Kabupaten Pekalongan.


"Saya sangat senang dan bangga bisa bergabung menjadi bagian dari Banser yang bisa memberikan manfaat untuk masyarakat. Salah satunya dalam kegiatan pembuatan tanggul penahan rob ini," ungkapnya.


Manan menambahkan, bahwa kegiatan ini sangat tepat. Sebab, Dukuh Semonet ini merupakan dukuh yang cukup parah terdampak rob.


 "Kegiatan pembuatan tanggul penahan rob ini sangatlah tepat dilakukan Banser bersama unsur TNI dan Polri. Karena Dukuh Semonet ini merupakan desa yang cukup parah kondisinya akibat bencana rob yang melanda dan pada beberapa waktu yang lalu," ungkapnya.


Kegiatan yang dimulai pukul 09.00 sampai 16.00 WIB berjalan lancar tanpa kendala apapun. Ditutup dengan menyanyikan yel-yel bersama untuk melepas lelah juga menciptakan suasana kebersamaan tanpa ada jeda.


Pewarta: Abdul Muiz
Editor: Musthofa Asrori

BNI Mobile