Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Jarang Diperhatikan, Veteran di Surabaya Terima Sembako dari LAZISNU Jatim

Jarang Diperhatikan, Veteran di Surabaya Terima Sembako dari LAZISNU Jatim
Perwakilan veteran menerima paket Sembako dari Sekretaris NU Care-LAZISNU Jatim. (Foto: NU Online/panitia)
Perwakilan veteran menerima paket Sembako dari Sekretaris NU Care-LAZISNU Jatim. (Foto: NU Online/panitia)

Surabaya, NU Online

Pandemi Covid-19 belum kunjung tuntas. Tidak sedikit warga yang masih belum bisa melakukan aktivitas. Apalagi seorang veteran atau mantan pejuang kemerdekaan Republik Indonesia yang usianya sudah lansia (lanjut usia). Tidak sedikit para janda veteran juga terkena dampak dari pandemi Covid-19 ini. Celakanya, mereka belum mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah dan pihak lain.

 

Melihat itu, Satuan Tugas (Satgas) NU Jatim Tanggap Covid-19 kembali mendistribusikan paket sembilan bahan pokok atau Sembako. Bantuan dipercayakan kepada NU Care Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Jawa Timur. 

 

“Kami mendistribusikan seratus paket Sembako kepada veteran dan janda yang bergabung dalam Korps Cacad Veteran RI Kota Surabaya,” kata Moch Rofi’i Boenawi, Selasa (28/7).

 

Menurut Sekretaris NU Care LAZISNU Jatim tersebut, lokasi pembagian Sembako dilakukan di Graha Tumbal Negara Kecamatan Pakal Kota Surabaya pada Ahad (26/7).

 

Rofi’i Boenawi mengatakan kondisi veteran butuh diperhatikan karena para vetaran dan janda yang tidak lagi bekerja. Mereka hanya bisa mengandalkan bantuan dari pemerintah. 

 

“Kondisi Covid-19 seperti ini, perekonomian terus melemah, termasuk apa yang dialami para veteran,” kata pria kelahiran Surabaya ini. 

 

Perjuangan vetaran yang terlibat dalam peperangan untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini di masa tuanya harus mendapatkan perhatian. Mengingat jasa mereka begitu besar. 

 

“Veteran ini adalah orang tua kita yang turut serta dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Sangat menyedihkan kalau di hari tuanya belum mendapatkan perhatian yang setimpal,” kata dosen STAI Al-Azhar Menganti Gresik tersebut. 

Ismoenandar selaku Ketua Korps Cacad Veteran RI Kota Surabaya mengatakan pandemi melumpuhkan kekuatan bangsa Indonesia, terutama di sisi perekonomian.

 

Dengan terbata-bata, verteran yang kini berusia 90 tahun lebih tersebut mengucapkan terima kasih kepada NU Care LAZISNU Jawa Timur yang telah memberikan bantuan Sembako. 

 

“Saya dan lainnya sudah tua, aktivitas hanya seperti ini yakni di kursi roda. Sangat berbeda dengan kondisi saat bisa memanggul senjata,” pungkasnya. 

 

Pewarta: Ibnu Nawawi
Editor: Aryudi AR

BNI Mobile