Home Warta Nasional Khutbah Daerah Fragmen Internasional Keislaman Risalah Redaksi English Opini Obituari Video Tokoh Hikmah Arsip

Bocah ini Relakan Sapinya Dibeli Gubernur Jatim untuk Kurban

Bocah ini Relakan Sapinya Dibeli Gubernur Jatim untuk Kurban
Taqiyu Rabbani Fadilah bersama sapi yang akan dikurbankan di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya. (Foto: NU Online/Rof Maulana)
Taqiyu Rabbani Fadilah bersama sapi yang akan dikurbankan di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya. (Foto: NU Online/Rof Maulana)

Surabaya, NU Online 

Taqiyu Rabbani Fadilah terlihat sedih saat mengantar sapi peliharaannya menuju Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya. Dia sepertinya tidak rela sapinya akan menjadi hewan kurban pada hari raya Idul Adha tahun ini. Bagi Taqi, banyak kenangan dengan sapi yang dibeli Gubernur Jawa Timur untuk kurban tahun ini. 

 

“Sedih tapi senang. Sedih karena harus berpisah dengan sapi yang hampir dua tahun saya rawat, dan senang karena dibeli langsung oleh Gubernur Jawa Timur untuk dikurbankan di masjid ini,” katanya setelah memasukkan sapi ke kandang portabel yang disiapkan Masjid Al Akbar Surabaya, Kamis (30/7). 

 

Selama dua tahun bocah kelas 4 sekolah dasar tersebut merawat sapi mulai memberi makan hingga memandikan. “Di rumah masih ada tiga sapi lagi, Taqi akan merawat ketiga sapi itu lebih rajin lagi agar cepat gemuk dan dibeli langsung oleh presiden,” katanya penuh dengan optimis.       

 

Sementara itu, H Helmy M Noor Humas Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya mengatakan yang akan dikurbankan gubernur adalah sapi yang dibeli dari peternak asal Lamongan. Itu sekaligus menjadi hewan kurban terbesar kedua setelah sapi milik Presiden Jokowi.

 

Sapi Presiden Jokowi berjenis Peranakan Ongole memiliki berat 1,04 ton, tinggi 159 cm dan panjang 186 serta memiliki lingkar dada sekitar 234 cm. 

 

“Sapi Bapak Jokowi dibeli dari salah satu peternak asal Panceng Kabupaten Gresik,” kata H Helmy.

 

Sedangkan sapi Gubernur Jatim kurang lebih ukurannya hampir sama dengan sapi Presiden Jokowi, sekitar 1 ton. Bobotnya di bawah sedikit dari milik Jokowi. 

 

Pria yang juga Ketua Pengurus Cabang (PC) Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Surabaya ini menjelaskan kedua sapi itu rencananya baru akan diantar ke Masjid Nasional Al-Akbar sehari menjelang hari raya. Dan akan disembelih sehari usai hari raya, tepatnya Sabtu (1/8/). 

 

Helmy mengatakan, pada hari raya Idul Adha tahun ini, kurban milik Jokowi tersebut menjadi salah satu sapi yang terbesar di antara hewan lain. 

 

“Di sini sapi Pak Jokowi ukurannya paling besar, kurang lebih beratnya 1,04 ton,” ujarnya.

 

Selain dari presiden dan Gubernur Jatim, Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya juga menerima hewan kurban dari Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak, Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono, serta jajaran Forkopimda Jatim.

 

“Pak Wagub Emil, Sekda, Pangdam dan Kapolda Jatim juga ikut kurban di sini,” terangnya. Sedangkan jumlah hewan kurban yang tercatat di Masjid Nasional Al-Akbar hari ini sebanyak 88 hewan. Yakni 26 ekor sapi dan 62 ekor kambing, lanjutnya.

 

“Dari sekian hewan, 10 kurban dari pejabat negara. Sedangkan 16 sapi dan 62 kambing dari para jamaah,” pungkasnya. 

 

Kontributor: Rof Maulana
Editor: Ibnu Nawawi
 

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya