Ratusan Calon Mahasiswa Perebutkan Beasiswa KIP di Unwahas

Mahasiswa Bidikmisi pun telah menorehkan prestasi membanggakan di berbagai event kejuaraan.
Mahasiswa Bidikmisi pun telah menorehkan prestasi membanggakan di berbagai event kejuaraan.
Mahasiswa Bidikmisi pun telah menorehkan prestasi membanggakan di berbagai event kejuaraan.

Semarang, NU Online

Berbagai kebijakan untuk membendung dampak pandemi virus corona terus dilakukan oleh Pemerintah RI. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui program bantuan pendidikan Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) bagi calon mahasiswa baru dan bantuan Uang Kuliah Tunggal (UKT) bagi mahasiswa lama, mulai digulirkan. Bantuan biaya pendidikan serupa beasiswa ini diperuntukkan baik di perguruan tinggi negeri maupun swasta.

 

Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) Semarang merespons positif program Kemendikbud ini. Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama Unwahas, Andi Purwono mengatakan pada tahun 2020 ini kampusnya mendapatkan kepercayaan dari Kemdikbud untuk mengelola KIP Kuliah sejumlah 181 beasiswa bagi calon mahasiswa baru.

 

"Unwahas mendapatkan kuota KIP Kuliah jalur murni melalui Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL Dikti) Wilayah VI Jawa Tengah sebanyak 181 orang," ujarnya di Kampus Unwahas Sampangan, Jumat (31/7).

 

Untuk kuota tersebut, ditawarkan delapan program studi S1. Program studi tersebut adalah Manajemen, Akuntansi, Agribisnis Pertanian, Ilmu Hukum, Ilmu Politik, Hubungan Internasional, serta Teknik Mesin dan Teknik Kimia.

 

Di samping untuk calon mahasiswa baru, Unwahas juga mendapatkan bantuan beasiswa UKT bagi mahasiswa lama yakni mahasiswa semester 3, 5, dan 7 pada tahun akademik 2020/2021.

 

"Untuk bantuan UKT, kami mendapatkan kuota sejumlah 357 mahasiswa," terang pengurus Jam’iyyatul Qurra wal-Huffazh PWNU Jawa Tengah ini. 

 

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa setiap tahun Unwahas memang mendapatkan kepercayaan untuk mengelola KIP Kuliah yang sebelumnya bernama Bidikmisi. Pada tahun 2019 Unwahas menerima 327 mahasiswa dari kuota jalur murni maupun jalur aspirasi masyarakat.

 

Sejak tahun 2013 kampus yang berdiri di Kelurahan Sampangan Kota Semarang ini telah mengelola lebih dari seribu beasiswa KIP Kuliah/Bidikmisi. Mahasiswa Bidikmisi pun telah menorehkan prestasi membanggakan di berbagai event kejuaraan.

 

Menurut Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru Unwahas, Imam Syafa’at, calon mahasiswa lulusan SLTA tahun 2020, 2019, dan 2018 dapat mengikuti program ini. Pendaftaran KIP Kuliah bagi calon mahasiswa baru dibuka secara online mulai tanggal 1 hingga 15 Agustus 2020. 

 

Bagi peserta yang akan mendaftarkan diri ke Unwahas, harus telah terdaftar sebelumnya di laman KIP Kuliah nasional. Karena salah satu persyaratan masuk ke Unwahas adalah mengunggah bukti kartu pendaftaran KIP Kuliah nasional. 

 

Setelah tahapan pendaftaran dengan mengunggah berbagai dokumen, berkas akan diverifikasi. Jika verifikasi lulus akan dilakukan wawancara dengan pendaftar dan orang tua lewat daring. Proses terakhir adalah pengumuman. 

 

"Pengumuman hasil seleksi pada akhir Agustus," tutup Syafa’at dosen teknik mesin yang juga pernah mengemban amanah sebagai pengurus wilayah Lembaga Pengembangan Pertanian bidang teknologi PWNU Jawa Tengah ini.


Editor: Kendi Setiawan

BNI Mobile