Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Ansor dan Banser Jombang Distribusikan Daging Kurban di Kawasan Terpencil

Ansor dan Banser Jombang Distribusikan Daging Kurban di Kawasan Terpencil
Salah seorang anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Jombang (kiri) membagikan daging kurban kepada warga. (Foto: NU Online/Nuruddin Suryanullah)
Salah seorang anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Jombang (kiri) membagikan daging kurban kepada warga. (Foto: NU Online/Nuruddin Suryanullah)

Jombang, NU Online
Pondok Pesantren Sunan Ampel Kabupaten Jombang, Jawa Timur menggandeng Gerakan Pemuda (GP) Ansor setempat untuk membagikan daging kurban di wilayah Kecamatan Kesamben, Plandaan, dan Ngusikan. Tiga daerah itu termasuk wilayah terpencil di Jombang. 


Pesantren Sunan Ampel Pada Idul Adha kali ini menyembelih enam ekor sapi dan tiga ekor kambing yang didapat dari jamaah pengajian Pesantren Sunan Ampel serta para alumni. 


"Tahun lalu kita menggandeng MWCNU di Kecamatan Wonosalam dan Kabuh. Kali ini kita libatkan Ansor dan Banser untuk distribusi daging kurban,” kata Pengasuh Pondok Pesantren Sunan Ampel, KH Taufiqurrahman Muchid, Minggu (3/8). 


Abah Taufid, sapaan akrabnya menyampaikan, pendistribusian daging kurban ke sejumlah wilayah itu adalah wujud dari sikap kemanusiaan. Terlebih pada Idul Adha merupakan momentum yang sangat dianjurkan sebagaimana nilai-nilai yang terkandung dalam Hari Raya Kurban.


“Ke depan, mungkin bisa menggandeng Banom-banom NU yang lain untuk pendistribusian daging kurban ini. Dengan demikian khidmah kepada NU dapat dilakukan. Bisa saja nanti menggandeng IPPNU atau yang lain,” ujarnya.


Sementara untuk porsi pendistribusiannya sebanyak 100 pack daging kurban untuk masing-masing wilayah. “Semoga tahun depan jumlahnya bisa bertambah dan dapat meluas jangkauannya,” katanya.


Selain dibagikan ke daerah terpencil di Kabupaten Jombang, daging kurban juga diberikan kepada warga di sekitar pondok pesantren. 


Sementara itu, Ketua Pengurus Cabang (PC) GP Ansor Jombang, H Zulfikar Dawam Ikhwanto mengatakan, tahun ini GP Ansor Jombang menyambut baik Pesantren Sunan Ampel dalam pembagian daging kurban ini. Untuk itu, pembagian langsung dilakukan oleh Pengurus Anak Cabang (PAC) masing-masing kecamatan.


“Pengambilan langsung dilakukan oleh personel Ansor dan Banser masing-masing kecamatan,” kata Gus Antok, demikian ia disapa.


Pada prinsipnya, jelas dia, Ansor dan Banser akan selalu siap berada paling depan sepanjang tugas yang diterima dalam hal kebaikan. Apalagi soal kemanusiaan yang memang menjadi komitmennya.


Kontributor: Nuruddin Suryanullah
Editor: Syamsul Arifin 

BNI Mobile