Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

15 Tahun Ansor Banser Jepara Rutin Berkurban dan Berbagi untuk Sesama

15 Tahun Ansor Banser Jepara Rutin Berkurban dan Berbagi untuk Sesama
Ansor-Banser Jepara sejak 15 tahun lalu rutin berkurban dan berbagi untuk sesama (Foto: NU Online/Syaiful Mustaqim)
Ansor-Banser Jepara sejak 15 tahun lalu rutin berkurban dan berbagi untuk sesama (Foto: NU Online/Syaiful Mustaqim)

Jepara, NU Online

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah selama 15 tahun tiada henti selalu mengadakan menyembelihan hewan kurban dan berbagi untuk sesama.

 

Tahun ini 1441 Hijriyah kembali melaksanakan kegiatan 'Ansor Banser Berkurban'. Kurban dilaksanakan pada Ahad (2/8) pagi atau bertepatan dengan 12 Dzulhijjah dan dilaksanakan di 2 tempat yakni di Mushala Baiturrahim dan Mushalla Al-Amin Kelurahan Pengkol Jepara. 

 

Ketua PAC GP Ansor Jepara Chusni Maulana mengatakan, kegiatan Ansor Banser Berkurban sudah dilaksanakan selama 15 tahun. Hal ini sebagai wujud semangat berbagi terhadap sesama.  

 

"Beberapa tahun lalu kurban dilaksanakan di kediaman masing-masing sehingga distribusinya juga sebatas ke tetangga-tetangga mereka,” kata Chusni kepada NU Online, Selasa (4/8). 

 

Dikatakan, di PAC Ansor Kecamatan Jepara penyembelihan kurban dilaksanakan secara bergantian dari Ranting ke Ranting se-Kecamatan Jepara. 

 

Tahun ini, ada 2 sapi yang disembelih. Sapi pertama dari PAC Ansor Jepara yang disembelih di Mushala Al-Amin, dan sapi yang kedua kerja sama PAC Ansor Jepara dengan BMT Aman Utama yang disembelih di Mushala Baiturrahim. 

 

"Bagi wilayah yang masyarakatnya mempunyai ekonomi lebih, maka daging kurban dikumpulkan di satu tempat. Sedangkan masyarakat yang wilayah dominan kurang mampu, tidak tersentuh distribusi daging kurban, maka daging dibagikan  sehingga merata dalam menikmati hari kemenangan yaitu hari raya Idul Adha," ucapnya.

 

Menurut Chusni, kurban merupakan ibadah individu yang berkaitan dengan sosial kemasyarakatan, maka dalam hal ini PAC Ansor sebgai inisiator kegiatan di mana orang yang hendak berkurban di akomodir untuk dititipkan kepada Ansor.

 

Di naungan PAC Ansor Jepara pihaknya sedang memberlakukan kurban dengan sistem tabungan atau arisan (bayar perbulan selama setahun). 

 

“Saat ini program ini sedang digalakkan dan memberi ruang luas kepada masyarakat untuk bisa ikut berpartisipasi walau dalam kondisi ekonomi yang pas-pasan. Karena sistem ini iuran sangat ringan per bulannya. Sehingga semangat berbagi bisa dlakukan oleh semua lapisan masyarakat,” pungkasnya. 

 

Ketua panitia Ahmad Mustaghfirin menambahkan, tujuan dari Ansor Banser Berkurban selain untuk pemerataan dalam distribusi juga membidik tempat penyembelihan yaitu di masjid atau mushala yang semangat berkurban masih minim. 

 

“Kami berharap setelah kegiatan kurban tahun ini dilaksanakan dapat menjadi pemantik untuk tahun-tahun berikutnya dan pengurus masjid dan mushala yang ditempati bisa mengakomodir jamaahnya untuk berkurban di masjid dan mushala tersebut,” harapnya. 

 

Kontributor: Syaiful Mustaqim
Editor: Abdul Muiz

BNI Mobile