Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Perolehan Kurban LAZISNU Jombang Capai 99 Miliar Lebih

Perolehan Kurban LAZISNU Jombang Capai 99 Miliar Lebih
Sapi (Ilustrasi)
Sapi (Ilustrasi)

Jombang, NU Online
Pengurus Cabang (PC) Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Jombang, Jawa Timur telah merekap semua perolehan kurban di Unit Pengelola Zakat Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (UPZISNU) kecamatan dan di tingkat cabang sendiri.


"Hasil tabulasi kurban LAZISNU Jombang dan semua UPZISNU sebesar Rp99.863.775.000," kata Ketua PC LAZISNU Jombang, Ahmad Zainudin kepada NU Online, Sabtu (8/8).


Angka tersebut bersumber dari data harga masing-masing hewan kurban baik sapi maupun kambing yang dititipkan masyarakat melalui LAZISNU Jombang dan 20 UPZISNU. "Mestinya 21 UPZISNU se-Kabupaten Jombang, tetapi ada satu UPZISNU yang tidak setor data," tuturnya.


Kurban tahun ini memang diupayakan lebih maksimal, menyebar ke sejumlah wilayah di Jombang, tidak terpusat di satu titik atau beberapa titik saja. Pertimbangannya adalah karena kebutuhan masyarakat terhadap daging lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya, mengingat dampak Covid-19 yang cukup serius terhadap kebutuhan keseharian masyarakat.


"Alhamdulillah pada tahun ini LAZISNU dan UPZISNU di sejumlah kecamatan bahkan di desa bisa berperan maksimal menjadi jembatan masyarakat dalam menunaikan ibadah kurban," jelasnya.


Tahun ini animo masyarakat mempercayakan kurbannya melalui LAZISNU  dan UPZISNU kian tinggi. Hal ini membuktikan bahwa kepercayaan mereka kepada LAZISNU dalam mengelola kurban sudah terbangun demikian baik di Jombang.


"Yang pasti kita menjunjung tinggi profesionalisme dalam khidmah kepada masyarakat. Dengan begitu kepercayaan masyarakat kepada LAZISNU semakin tinggi," ucapnya.


Pria yang kerap disapa Gok Din ini memastikan, bahwa pendistribusian daging kurban pada tahun ini benar-benar teralokasikan kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan di sejumlah wilayah, baik yang ada di kecamatan ataupun di desa-desa melalui data yang dikantongi setiap UPZISNU.


"Karena dari awal kita sudah imbau agar tidak ada penumpukan daging hewan kurban. Jikalau ada maka harus diberikan kepada masyarakat yang lebih membutuhkan meski tidak di daerah di mana hewan disembelih," ungkapnya.


Ia berterima kasih kepada segenap pihak yang mendukung penyelenggaraan kurban tahun ini. Terlebih kepada masyarakat yang telah mempercayakan LAZISNU dan UPZISNU sebagai lembaga penyelenggara kurban. LAZISNU, kata dia, berupaya semaksimal mungkin melayani masyarakat melalui tugas dan tanggung jawab yang diemban.


"Terima kasih kepada semuanya. Semoga amal ibadahnya diterima di sisi Allah Swt," harapnya.


Pewarta: Syamsul Arifin
Editor: Muhammad Faizin

BNI Mobile