Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Walau Pandemi, Perolehan Kurban LAZISNU Sidoarjo Tembus Ratusan Miliar

Walau Pandemi, Perolehan Kurban LAZISNU Sidoarjo Tembus Ratusan Miliar
Ketua NU Care-LAZISNU Kabupaten Sidoarjo, Muh Ihsan memberikan kurban bantuan PP NU Care-LAZISNU. (Foto: NU Online/Yuli R)
Ketua NU Care-LAZISNU Kabupaten Sidoarjo, Muh Ihsan memberikan kurban bantuan PP NU Care-LAZISNU. (Foto: NU Online/Yuli R)

Sidoarjo, NU Online
Momen Idul Adha di masa pandemi tidak menyurutkan semangat umat Islam berbagi kepedulian kepada sesama dengan menyembelih hewan kurban.

 

Terbukti dengan meningkatnya perolehan hewan kurban yang dikelola NU Care-Lembaga Amil, Zakat, Infak, Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur pada Idul Adha tahun ini.

 

Sebagaimana disampaikan Chasib Hizbullah, bahwa NU Care-LAZISNU Kabupaten Sidoarjo telah merekap seluruh perolehan kurban yang dilaporkan Unit Pengelola Zakat, Infak, Shadaqah (UPZIS) LAZISNU. Baik yang berada di tingkat ranting atau level desa, kecamatan, serta  Jaringan Pengelola Zakat, Infak, Shadaqah (JPZIS) LAZISNU tingkat masjid dan mushalla yang tersebar di 18 kecamatan.

 

“Hasil rekap akhir perolehan hewan kurban yang dikelola UPZIS dan JPZIS LAZISNU se-Kabupaten Sidoarjo tahun ini tembus Rp.131.082.500.000,-“ kata Sekretaris PC NU Care-LAZISNU Sidoarjo tersebut, Sabtu (8/8). Hal  itu dengan asumsi sesuai harga hewan kurban di pasaran baik sapi maupun kambing, lanjutnya. 

 

Adapun rincian hewan kurban yang sudah didistrubusikan sebanyak 4.700 ekor sapi atau senilai Rp.98.700.000.000,- dan kambing 12.953 ekor senilai Rp.32.382.500.000,-. Sedangkan jumlah penerima paket daging kurban sekitar 767.510 orang.

 

“Pada tahun ini kepercayaan masyarakat di Sidoarjo untuk menyerahkan kurbannya kepada NU Care-LAZISNU semakin tinggi, sehingga terjadi kenaikan yang cukup signifikan dibandingkan tahun kemarin total senilai Rp.54.396.000.000,-,” ungkapnya.

 

Lebih lanjut, Chazib mengemukakan rencananya akan memberikan piagam penghargaan kepada UPZIS dan JPZIS LAZISNU mulai dari tingkat Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) di desa hingga Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) di wilayah kecamatan sebagai bentuk apresiasi.

 

“Kami sampaikan banyak terima kasih atas partisipasi UPZIS dan JPZIS LAZISNU di semua tingkatan yang telah melaporkan data rekapan perolehan hewan kurbannya,”ucap dia.

 

Sementara itu, Ketua NU Care-LAZISNU Kabupaten Sidoarjo, Muh Ihsan menyampaikan terima kasih kepada pekurban yang telah memberikan kepercayaan kepada LAZISNU.

 

“Terima kasih kepada seluruh pekurban yang telah mempercayakan kepada LAZISNU untuk mengelola hewan kurbannya. Semoga amalan kita semua diterima Allah SWT dan menjadi pembuka seluruh pintu maghfirah serta menambah rIzki bagi kita semua, agar tahun depan bisa melaksanakan kurban melalui LAZISNU,” harapnya.

 

Dirinya juga menjelaskan telah melaksanakan amanah dari Pimpinan Pusat (PP) NU Care-LAZISNU dengan menyerahkan 3 ekor kambing kepada 2 yayasan panti asuhan yang berada di Kabupaten Sidoarjo.
“Kami juga telah melaksanakan amanah 3 ekor hewan kurban dari PP NU Care-LAZISNU. Sejumlah  2 ekor kambing kami serahkan ke Yayasan Abil Hasan Asy-Syadzly, Ploso, Krembung,  dan  1 ekor kambing ke BPPA Ma'hadul Siram, jalan Samanhudi, Sidoarjo,” pungkasnya. 

 

Kontributor: Yuli Riyanto
Editor: Ibnu Nawawi

BNI Mobile