Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Fatayat NU Cileungsi-Jonggol Gerakkan IRT Berderma dengan Majelis Berbagi

Fatayat NU Cileungsi-Jonggol Gerakkan IRT Berderma dengan Majelis Berbagi
Majelis Berbagi Fatayat NU membagikan makanan untuk warga. (Foto: Dok Istimewa)
Majelis Berbagi Fatayat NU membagikan makanan untuk warga. (Foto: Dok Istimewa)

Bogor, NU Online 
Sebagai upaya memperkenalkan Islam ramah serta membudayakan untuk berbagi kepada sesama, Pengurus Anak Cabang (PAC) Fatayat NU Cileungsi-Jonggol, Kabupaten Bogor, Jawa Barat memiliki program Majelis Berbagi.  

 

Kegiatan yang digawangi para ibu-ibu rumah tangga ini  menyasar para orang lanjut usia, yatim piatu, anak jalanan serta pedagang keliling yang  melintas di jalanan.

 

"Untuk sasarannya ada penerima tetap, ada pula yang pengguna jalan, mulai dari pedagang yang sudah renta, tukang parkir, anak jalanan, tukang sapu," ujar Ketua PAC Fatayat NU Cileungsi-Jonggol Nidhomatum MR.  

 

Menurutnya, dana untuk menjalankan program didapat dari para donatur yang dengan ikhlas menyisihkan sebagian harta mereka yang kemudian direalisasikan dalam bentuk makanan. Uniknya, proses masak hingga pembagian semua dilakukan ibu-ibu rumah tangga secara sukarela meskipun ada sebagian dari mereka bukan anggota Fatayat NU.

 

"Selain uang, kami juga menerima sumbangan berupa makanan ataupun bahan makanan mentah untuk dimasak. Dan yang masak maupun yang membagikan ibu-ibu rumah tangga yang secara sukarela menyumbangkan tenaga mereka," ungkapnya. 

 

Ditambahkan, program Majelis Berbagi ini dimulai sejak awal tahun 2019 hingga saat ini. Selain berbagi makanan  yang rutin dilaksanakan setiap pekan, Majelis Berbagi PAC Fatayat Cileungsi-Jonggol juga membuat Taman Baca Masyarakat (TBM) di Perumahan Sunrise Garden Bukit Putra, Desa Situsari, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor. 

 

"Dengan program ini, diharapkan Fatayat NU bisa bermanfaat secara langsung untuk sesama serta menumbuhkan semangat untuk berbagi, karena apa yang diberi tak akan pernah berkurang," pungkas Nidhom.

 

Editor: Kendi Setiawan

BNI Mobile