Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Dilantik sebagai Dirjen Pendis Kemenag, Ini Profil Muhammad Ali Ramdhani

Dilantik sebagai Dirjen Pendis Kemenag, Ini Profil Muhammad Ali Ramdhani
Muhammad Ali Ramdhani. (Foto: uinsgd.ac.id)
Muhammad Ali Ramdhani. (Foto: uinsgd.ac.id)

Jakarta, NU Online

Menteri Agama Republik Indonesia Fachrul Razi melantik Direktur Jenderal Pendidikan Islam Muhammad Ali Ramdhani dan empat pejabat eselon I lainnya pada Senin (10/8) di Auditorium HM Rasjidi, Kantor Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin, Jakarta.


Menag berharap pelantikan pejabat Eselon I ini menjadi amunisi baru bagi Kementerian Agama dalam memberikan layanan terbaik bagi masyarakat.


"Hari ini, lima jabatan telah diisi. Kami berharap, dengan kehadiran Bapak-Bapak, Kementerian Agama akan dapat berlari jauh lebih kencang. Sekali lagi, saya ucapkan selamat menunaikan tugas dengan baik," kata Menag sebagaimana dilansir melalui situsweb resminya.


Muhammad Ali Ramdhani sebelumnya mengemban amanah sebagai Direktur Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Jati Bandung periode 2019-2023.

 

Di periode sebelumnya, akademisi yang menamatkan studi master dan doktornya di Institut Teknologi Bandung (ITB) itu juga menjabat sebagai Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama UIN Sunan Gunung Jati Bandung.


Pria yang pernah menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (PP IPNU) pada masa khidmat 1996-2000 itu sangat produktif menulis.

 

Tercatat sudah ada 146 tulisan yang terindeks Google Scholar. Perhari ini, tulisan-tulisannya tersebut sudah dikutip sebanyak 3.286 kali. Sejak 2015, tulisannya sudah dikutip 2.908 kali.


Tak ayal, guru besar teknologi informasi itu pernah meraih Sinta Awards dengan skor tertinggi pada kategori Perguruan Tinggi Keagamaan di tahun 2018.


Hadir sebagai saksi pelantikan, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi dan Plt Sekretaris Jenderal Kemenag Nizar. Pelantikan juga dihadiri Staf Khusus dan Staf Ahli Menteri Agama, dan Pejabat Eselon I lainnya.


Selain Ali, Menteri Agama juga melantik empat pejabat eselon I lainnya berikut.


1. Dr. Deni Suardini, SE, AKT, M.M, CFRA, CA, QIA sebagai Inspektur Jenderal


2. Yohanes Bayu Samodro, S.Pd, M.Pd sebagai Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Katolik


3. Dr. Tri Handoko Seto, S.Si, M.Sc sebagai Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu


4. Prof. Dr. Achmad Gunaryo, MsocSc sebagai Kepala Balitbang Diklat


Pewarta: Syakir NF

Editor: Fathoni Ahmad

BNI Mobile