Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Dorong Kemandirian Ekonomi, Ansor Lumajang Gandeng Dua Perusahaan

Dorong Kemandirian Ekonomi,  Ansor Lumajang Gandeng Dua Perusahaan
Suasana penandatanganan Nota kesepahaman kerja sama antara GP Ansor Lumajang dan California Advertising dan Al-Mabrur Tour and Travel di Kantor PCNU Lumajang. (Foto: NU Online/Aryudi AR)
Suasana penandatanganan Nota kesepahaman kerja sama antara GP Ansor Lumajang dan California Advertising dan Al-Mabrur Tour and Travel di Kantor PCNU Lumajang. (Foto: NU Online/Aryudi AR)

Lumajang, NU Online
Pengurus Cabang Gerakan Pemuda (PC GP) Ansor Kabupaten Lumajang, Jawa Timur tidak melulu berkutat  pada program pengkaderan, tapi juga melebarkan sayap ke bidang usaha. Dalam hal ini, GP Ansor Kabupaten Lumajang  menggandeng dua perusahaan sekaligus, yaitu California Advertising dan Al-Mabrur Tour and Travel.


Nota kesepahaman  kerja sama antara GP Ansor Lumajang dengan kedua pimpinan perusahaan itu sudah ditandatangani di ruang rapat gedung PCNU 2, Jalan Musi 9. Desa  Sumberejo, Kecamatan Sukodono, Lumajang,  Kamis (6/8) lalu.


Menurut Ketua PC GP Ansor Lumajang  Fahrur Rozi, langkah tersebut sebagai upaya mendorong  kemandirian organisasi.  Selama ini, katanya, program Ansor lebih menitikberatkan pada program pengkaderan dan semacamnya, namun ke depan usaha ekonomi juga perlu digalakkan.


“Maksud saya, program rutin Ansor tetap jalan,  program pemberdayaan  ekonomi juga jalan,” ujarnya di Lumajang, Senin (10/8).


Gus Eros, sapaan akrabnya, menambahkan, ke depan pihaknya  akan terus mencari celah usaha dalam rangka pemberdayaan ekonomi kader Ansor. Program tersebut penting untuk menopang ekonomi para kader Ansor, sehingga mereka di Ansor dapat dua manfaat sekaligus, yaitu bisa menjadi benteng ulama dan bisa berwirausaha.


“Kalau secara perorangan  anggota Ansor sudah bagus secara ekonomi, maka organisasi (Ansor) juga mantap bisa mandiri,” ucapnya.


Dikatakan, selama ini sumber ekonomi anggota Ansor rata-rata berasal dari sawah, yakni sebagai petani, sebagian juga berwirausaha kecil-kecilan. Walaupun demikian, jika ada panggilan untuk kegiatan Ansor, mereka tetap siaga kapanpun tanpa mempedulikan soal untung atau rugi.


“Kenapa, karena kita di Ansor semata-mata untuk mengabdi, membela ulama, berjuang mengembangkan Ahlussunnah wal Jama'ah (Aswaja), dan sebagaiya. Walaupun demikian, keterampilan berwirausaha juga kita siapkan,” urainya.


Gus Eros menjelaskan, bentuk kongkret  dari kerja sama tersebut adalah Pimpinan Anak Cabang (PAC)  Ansor dapat membentuk sub unit usaha percetakan California maupun sub unit travel  Al-Mabrur di tingkat kecamatan. Dengan begitu katanya, usaha tersebut tak begitu sulit untuk berkembang karena branding-nya sudah ada di induk perusahaan.


“Tinggal bagaimana selanjutnya mencari relasi dan konsumen sebanyak-banyaknya,” pungkas Gus Eros.


Pimpinan California Advertising, Moh. Rofiul Ulum menegaskan, pihaknya siap memberikan  pendampingan kepada kader Ansor yang ingin membuka  unit usaha percetakan, bahkan peralatan bisa dibantu dengan persyaratan tertentu.


“Yang penting ada niat dulu, lalu niat itu diwujudkan dengan langkah  nyata,” tuturnya.


Pewarta: Aryudi AR
Editor: Abdul Muiz

BNI Mobile