IMG-LOGO
Warta

Komnas HAM Perjuangkan 9 Desa Korban Lumpur Lapindo


Kamis 1 Mei 2008 18:30 WIB
Bagikan:
Komnas HAM Perjuangkan 9 Desa Korban Lumpur Lapindo
Sidoarjo, NU Online
Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mendesak pemerintah agar memasukkan 9 desa ke dalam peta terdampak lumpur Lapindo di Sidoarjo, Jawa Timur. Sebab, 9 desa tersebut sudah masuk daerah berbahaya.

Ke-9 desa tersebut, antara lain, Jatirejo Barat, Siring Barat, Mindi, Gedang, Ketapang Keres, Gempolsari, Glagah Arum dan Plumbon.<>

"Setelah dari sini, kita akan membuat rekomendasi ke Presiden SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) untuk memasukkan 9 desa masuk dalam peta terdampak," kata Nurcholis, Anggota Komnas HAM kepada wartawan usai bertemu warga 9 desa di Balai Desa Siring Barat, Kamis (1/5).

Nurcholis yang didampingi anggota Komnas HAM yang lain, seperti, Syafruddin Ngulma Simeulue dan Kabul Supriadi itu melihat rumah warga dan beberapa titik bubble yang bisa mengeluarkan api. "Daerah di sini sudah berbahaya karena banyak bubble," tuturnya.

Di desa yang hanya berjarak sekitar satu kilometer dari pusat semburan ini muncul beberapa bubble baru di desa mereka. Bahkan, sebagaian dari bubble yang muncul tersebut terbakar saat disulut api.

Selain itu, kawasan desa-desa yang berada dekat dengan lokasi semburan dan kolam penampung lumpur sudah tidak layak huni. Sanitasi dan air bersih sulit didapat oleh warga. (dtc/sbh)
Bagikan:
IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG