Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Begini Cara IPNU Jatim Dampingi Pelajar saat Belajar di Rumah

Begini Cara IPNU Jatim Dampingi Pelajar saat Belajar di Rumah
Relawan IPNU-IPPNU mendatangi pelajar yang kesulitan dalam pembelajaran Daring. (Foto: NU Online/Rof Maulana)
Relawan IPNU-IPPNU mendatangi pelajar yang kesulitan dalam pembelajaran Daring. (Foto: NU Online/Rof Maulana)

Blitar, NU Online

Pademi Corona tidak kunjung usai yang mengakibatkan hampir 7 bulan masyarakat terkungkung dengan virus ini. Akibat Covid-19 tersebut banyak pihak yang dirugikan baik di bidang perekonomian, kesehatan dan lainnya. Salah satu yang merasakan dampaknya adalah sektor pendidikan.

 

Setelah pemerintah mengeluarkan kebijakan new normal, banyak pelajar yang belum bisa masuk sekolah sehingga memaksa dilakukan pembelajaran jarak jauh. Tidak sedikit yang mengeluh dengan pembelajaran dalam jaringan atau Daring tersebut karena tidak lagi didampingi guru.

 

Pada saat yang sama, kemampuan siswa dalam menyerap ilmu berbeda. Ada yang bisa langsung paham dengan hanya menerima materi atau membaca, tetapi kebanyakan perlu didampingi guru agar dapat menyerap ilmu dengan baik.

 

“Sudah banyak wali murid yang mengeluh dan menilai pembelajaran jarak jauh ini dinilai kurang efisien dan efektif,” kata Choirul Mubtadi'in, Ahad (16/8).

 

Terpanggil dengan kondisi tersebut, Ketua Pimpinan Wilayah (PW) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Jawa Timur ini meluncurkan program ‘IPNU Educare’.

 

“IPNU educare merupakan gerakan untuk mendampingi pelajar dalam belajar yang diinisiasi oleh PW IPNU Jawa Timur di semua tingkatan,” katanya.

 

Kebijakan sebagai bentuk kepeduilan IPNU atas problematika di kalangan pelajar serta respons kebijakan Kemendikbud tentang pemebelajaran jarak jauh.

 

“Dan ini juga peran IPNU dalam mengabdi di masyarakat saat era pandemi Covid-19,” ungkap Diin, sapaan akrabnya.

 

Apa yang dilakukan IPNU ini mendapat apresiasi dari kepengurusan di daerah. Pimpinan Cabang (PC) IPNU dan IPPNU Kabupaten Blitar bersama Pimpinan Anak Cabang bersatu menjadi relawan. Yakni mendampingi siswa dengan tanpa mengesampingkan protokol Covid-19.

 

“Semoga agenda ini menjadi ladang amal kita di masa Corona, meningkatkan manfaat dan eksistensi peran IPNU-IPPNU di lingkungan pelajar, sehingga orang tua atau wali murid terbantu dan program pemerintah dalam bidang pendidikan semakin terarah,” kata Khoviv.

 

Ketua PAC IPNU Talun, Kabupaten Blitar tersebut menyadari pentingnya program yang diadakan PW IPNU Jawa Timur di era pandemi. Karena dapat dijadikan sarana untuk pendampingan siswa saat melaksanakan pembelajaran Daring.

 

Sementara Nirma selaku Ketua PAC IPPNU Talun menambahkan bahwa saat ini belum semua siswa mampu mengikuti pembelajaran jarak jauh. Untuk itu dengan adanya program IPNU educare sangat membantu pelajar.

 

“Sudah jelas bahwa pentingnya pendampingan belajar bagi semua pelajar sangat dibutuhkan,” katanya.

 

Kontributor: Rof Maulana

Editor: Ibnu Nawawi

BNI Mobile