Home Warta Nasional Khutbah Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Obituari Video Nikah/Keluarga Tokoh Hikmah Arsip

Pimpin Upacara Proklamasi, Habib Luthfi: Bangkitkan Nasionalisme

Pimpin Upacara Proklamasi, Habib Luthfi: Bangkitkan Nasionalisme
Habib Luthfi bin Yahya pimpin upacar peringatan detik-detik proklamasi di kediamannya Pekalongan, Jateng (Foto: NU Online/Abdul Muiz)
Habib Luthfi bin Yahya pimpin upacar peringatan detik-detik proklamasi di kediamannya Pekalongan, Jateng (Foto: NU Online/Abdul Muiz)

Pekalongan, NU Online
Rais Aam Idarah Aliyah Jam’iyah Ahlit Thariqah Al-Mu'tabarah An-Nahdliyah (Jatman) Habib Muhammad Luthfi bin Yahya menggelar peringatan detik-detik Proklamasi Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia di rumahnya Jalan dr Wahidin Gang 7, Noyontaan, Kota Pekalongan, Jawa Tengah, Senin (17/8).


Dengan menggunakan pakaian serba putih, Habib Luthfi yang juga anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) menggelar upacara yang diikuti oleh berbagai komponen berjalan cukup khidmat.


Diawali dengan pengibaran bendera merah putih oleh petugas, dilanjutkan pembacaan teks Proklamasi dan Pancasila oleh Inspektur Upacara Habib Luthfi dan diikuti oleh seluruh peserta upacara.


Dalam amanahnya Habib Luthfi berpesan, peringatan detik-detik proklamasi yang kita lakukan saat ini seharusnya membangkitkan kita semua untuk munculnya rasa memiliki bercermin kepada para leluhur dan pendiri bangsa ini. 


"Apakah kita menjadi bangsa yang memiliki nasionalisme yang luntur, dan menjadi bangsa yang mengecewakan dan memalukan para leluhur dan pendiri bangsa ini,” kata Habib Luthfi.


Kecintaan Habib Luthfi kepada bangsa dan negara senantiasa menggemakan persatuan dan kesatuan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dapat disaksikan dalam berbagai kesempatan.


Di majelis Peringatan Maulid Nabi Muhammad misalnya, berbagai spanduk, kata-kata mutiara, hingga lagu merah putih selalu menghiasi even yang yang dihadirinya. 

 


Meski peringatan maulidurrasul merupakan kegiatan keagamaan, tokoh-tokoh lintas agama selalu nampak hadir dalam perhelatan yang dihadiri puluhan ribu pengunjung.


"Abah Luthfi bukan lagi menjadi tokoh milik umat Islam saja. Akan tetapi, sudah menjadi milik lintas agama,"ungkap Rais Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Pekalongan, KH Zakaria Absor.


Dikatakan, untuk mengajak semua komponen bangsa, Habib Luthfi sempatkan keliling kunjungi masjid, gereja, vihara, hingga klenteng untuk bertemu para pemimpin agama menggelorakan semangat kebangsaan.


"Terakhir, Habib Luthfi berkeliling di Jawa Barat didampingi Gubernur Ridwan Kamil bertemu seluruh elemen masyarakat untuk cinta NKRI," paparnya.


Wakil Ketua PCNU Kota Pekalongan, H Zainal Muhibbin menyebut, sosok Habib Luthfi adalah tokoh panutan yang layak kita contoh dalam menggelorakan semangat persatuan demi keutuhan NKRI.


"Saking cintanya terhadap NKRI, Habib Luthfi mendirikan organisasi kemasyarakatan (Ormas) Pecinta Tanah Air Indonesia (Petanesia) yang dalam waktu dekat akan meresmikan jajaran pengurusnya," ungkap nya.


Hal ini tidak lain, lanjut dia, Habib Luthfi menanamkan pentingnya Hubbul Wathan minal iman agar bangsa ini tidak terpecah belah dalam keberbedaan suku, agama, ras, dan antargolongan. “Habib Luthfi ingin Indonesia tetap utuh," pungkasnya.


Pewarta: Abdul Muiz
Editor: Musthofa Asrori

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya