Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

LAZISNU dan Ma’arif NU Jatim Siapkan Wifi Gratis untuk Pelajar

LAZISNU dan Ma’arif NU Jatim Siapkan Wifi Gratis untuk Pelajar
Layanan internet gratis bagi pelajar di kawasan Batu, Jatim. (Foto: NU Online/Rof Maulana)
Layanan internet gratis bagi pelajar di kawasan Batu, Jatim. (Foto: NU Online/Rof Maulana)

Batu, NU Online

Rumah Sedekah Pengurus Wilayah (PW) NU Care-Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Jawa Timur menggandeng Rumah Prestasi LP Ma’arif NU Jatim yang terletak di Jalan Sarimun No 6B Beji, Junrejo, Kota Batu. Yang dilakukan adalah menyediakan wifi gratis untuk pelajar.

 

H Noor Shodiq Askandar selaku Ketua PW LP Ma’arif NU Jatim mengatakan secara pribadi sangat bahagia dengan kolaborasi untuk memberikan yang terbaik kepada umat.

 

“NU melalui lembaganya, harus terus hadir di tengah kesulitan umat, karena memang inilah salah satu inti dari perjuangan. Saat ini umat membutuhkan jaringan internet, sebab pendidikan juga terkena dampak pandemi Covid-19,” kata Gus Shodiq, sapaan akrabnya, Senin (24/8).

 

Selain itu, Wakil Rektor Universitas Islam Malang (Unisma) ini mengatakan dengan adanya wifi gratis diharapkan para calon generasi penerus perjuangan bangsa tidak kebingungan lagi urusan internet untuk belajar dalam jaringan atau Daring. Karena di samping tidak terbebani biaya, sinyalnya juga lebih stabil.

 

“Program ini juga sinyal kepada pemerintah untuk memprioritaskan program pengembangan infrastruktur IT. Jangan hanya bicara daring, tapi infrastrukturnya tidak dibangun,” jelasnya.

 

Ketua NU Care LAZISNU Jatim, A Afif Amrullah mengatakan program ini bagian dari kepedulian NU kepada para peserta didik untuk terus bisa belajar meski di masa pandemi.

 

“Rumah Sedekah menyiapkan wifi gratis bagi pelajar di sekitarnya yang menjadi kebutuhan mereka,” katanya.

 

Apalagi di sama pandemi seperti ini, dunia pendidikan salah satu unsur yang terkena dampaknya, para peserta didik tidak lagi bisa sekolah tatap muka. Pada saat yang sama, orang tua bingung dengan sistem pembelajaran jarak jauh atau virtual.

 

Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jatim tersebut menjelaskan bahwa program LAZISNU salah satu fokusnya adalah pendidikan, wifi gratis bagi pelajar di pedesaan yang sangat membutuhkan. Tidak hanya itu, LAZISNU Jatim juga berikhitar memberikan falitas alat komunikasi bagi pelajar kurang mampu.

 

“Anak yatim dan pelajar dari keluarga dhuafa menjadi prioritas LAZISNU Jawa Timur,” pungkasnya. 

 

Kontributor: Rof Maulana

Editor: Ibnu Nawawi

Posisi Bawah | Youtube NU Online