Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Banser Bantu Bangun Gedung Madrasah Diniyah di Teluk Bintuni

Banser Bantu Bangun Gedung Madrasah Diniyah di Teluk Bintuni
Anggota Banser saat gotong royong membangun ruang kelas Madin Thoriqul Huda, Papua Barat. (Foto: Istimewa)
Anggota Banser saat gotong royong membangun ruang kelas Madin Thoriqul Huda, Papua Barat. (Foto: Istimewa)

Teluk Bintuni, NU Online 
Sejumlah anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat bersama wali santri dan masyarakat Kampung Banjar Ausoy,Teluk Bintuni  bahu membahu membangun Madrasah Diniyah (Madin) Takmiliyah Awwaliyah Thoriqul Huda.


Menurut Kasatkorcab Banser Teluk Bintuni Samsir Alam, kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian Banser kepada lembaga pendidikan di tanah Papua.


"Madin ini butuh kelas baru untuk santri belajar. Mengetahui hal itu, kita langsung menghubungi pengasuh dan berniat membantu. Alhamdulilah Banser bisa ikut terlibat," katanya, Jumat (28/8).


Samsir menambahkan, lembaga pendidikan Al-Qur'an dan pesantren sangat dibutuhkan di Papua Barat. Banyak generasi muda yang ingin belajar agama, tapi kekurangan guru. Adapun, guru mengajinya jauh dari pemukiman warga.


Dalam kegiatan membangun ruang belajar ini, Banser terlibat sejak mengangkat material, membuat pondasi bangunan hingga ruang kelas tersebut berdiri. Hal ini dilakukan secara sukarela dan istiqamah.


Selama ini, santri Thoriqul Huda harus berdesak-desak dalam belajar dengan ruang yang ala kadarnya. Sehingga pengasuh berniat membuat kelas permanen agar siswa bisa fokus dan nyaman.


"Kita komitmen untuk membantu dan menjaga lembaga pendidikan Al-Qur'an dan pondok pesantren. Karena ini aset bagi Papua Barat," ujar Samsir.


Ia menceritakan, selama ini Banser Teluk Bintuni selalu terlibat dalam menjaga tokoh agama, kegiatan pesantren, Madrasah Diniyah, dan Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA).


Hal ini dilakukan oleh Banser agar kegiatan keagamaan yang ada berjalan dengan lancar serta terus berkembang. Samsir berharap dengan suasana yang kondusif para guru dan santri bisa melakukan kegiatan belajar mengajar dengan nyaman.


"Komunikasi kita dengan Madin Thoriqul Huda sudah terjalin cukup lama. Setiap ada kegiatan yang mengumpulkan massa maka kita bantu jaga. Semoga setelah gedung ini berdiri semakin lancar kegiatannya," ungkap Samsir.


Sementara itu, Pengasuh Madin Thoriqul Huda Agus Hasan Jazuli mengapresiasi keterlibatan anggota Banser Teluk Bintuni dalam membangun gedung lembaga yang dikelolanya. Bantuan yang diberikan Banser saat bearti bagi lembaganya.


"Sangat senang dengan kehadiran sahabat-sahabat Banser dalam kegiatan ini. Kita merasakan betul kehadiran Banser dalam syair agama Islam di Teluk Bintuni," ujar alumni Pesantrem Kyai Mojo Jombang ini.


Gus Hasan sapaan akrabnya mengakui Banser adalah tipe pejuang tak kenal lelah di Teluk Bintuni. Terkhusus dalam menjaga tokoh agama. Sehingga ia mengatakan dengan tegas bahwa masyarakat Teluk Bintuni harus berterimakasih kepada Banser.


"Saya merasakan betul manfaat kehadiran Banser di sini. Saya tidak asal bicara. Bisa di lihat langsung ke sini. Perannya nyata," tandas Gus Hasan.


Kontributor: Syarif Abdurrahman
Editor: Syamsul Arifin 

BNI Mobile