Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

NU Care Cilacap Luncurkan Mobil Sehat NU

NU Care Cilacap Luncurkan Mobil Sehat NU
Mobil sehat NU (Mobisnu) Cilacap bantu layani umat dalam bidang kesehatan. (Foto: Dok LAZISNU Cilacap)
Mobil sehat NU (Mobisnu) Cilacap bantu layani umat dalam bidang kesehatan. (Foto: Dok LAZISNU Cilacap)

Cilacap, NU Online

NU Care-LAZISNU Cilacap, Jawa Tengah meluncurkan Mobil Sehat NU (Mobisnu). Mobisnu nantinya berfungsi sebagai mobil klinik keliling yang digunakan untuk kegiatan kemanusiaan dalam melayani masyarakat, terutama di bidang kesehatan.  

 

Kehadiran Mobisnu ini dinilai penting, sebab akan mempermudah kebutuhan warga NU ketika membantu masyarakat dalam pemeriksaan kesehatan.

 

"Mobil sehat NU ini multifungsi, untuk layanan kesehatan, layanan (penanganan) bencana, dan ambulans. Memang sudah saatnya NU Cilacap memiliki mobil layanan kesehatan," kata Divisi Program NU Care-LAZISNU Cilacap, Ahmad Fauzi, di Kantor PCNU Cilacap, Sabtu (29/8).  

 

Ia berharap, hadirnya Mobil Sehat NU tersebut bisa bisa mempermudah keluarga besar NU ketika membantu masyarakat terutama pada sisi layanan kesehatan. Sebab, selama ini terkadang kegiatan terkendala oleh hal-hal teknis seperti kurangnya kendaraan layanan kesehatan, petugas dan lain-lain.  

 

Di tempat yang sama, Ketua NU Care-LAZISNU Cilacap H Wasbah Samudra Fawaid mengatakan, Mobil Sehat NU digunakan untuk meningkatkan layanan kesehatan kepada masyarakat yang minim akses kesehatan. Dikatakannya, mobil akan diturunkan ke desa-desa secara rutin.

 

Dari sisi fasilitas, Wasbah mengatakan mobil ini sudah sangat lengkap dan memiliki standar sebagai mobil klinik, juga disertai oleh dokter dan tim medis. "Pengelolaan mobil ini sinergi bersama Lembaga Kesehatan NU (LKNU) Cilacap," katanya.

 

Saat ini jumlah Mobil Sehat NU baru satu buah, ditambah dengan satu unit mobil ambulans siaga NU Care-LAZISNU Cilacap. Kedepan pihaknya berupaya akan menambah sehingga semakin mempermudah kegiatan NU terutama kegiatan pelayanan kesehatan di masyarakat.  

 

"Kami juga berharap di setiap kecamatan bisa memiliki mobil ambulanns NU Peduli minimal satu ambulans satu kecamatan," imbuhnya.

 

Peresmian penggunaan mobil sehat NU tersebut dilakukan secara resmi oleh Rais Syuriyah PCNU Kabupaten Cilacap KH Su’ada Adzkiya disertai doa. Peresmian dilaksanakan di sela-sela Rapat PCNU Cilacap bersama MWCNU se-Kabupaten Cilacap yang ditandai dengan pemotongan pita oleh Rais Syuriyah PCNU Cilacap, Sabtu (29/8).

 

Editor: Kendi Setiawan

 

BNI Mobile