Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Jalin Persahabatan di Tegal dengan Gowes Ansor

Jalin Persahabatan di Tegal dengan Gowes Ansor
Acara gowes bersama pengurus Ansor di Kabupaten Tegal, Jateng (Foto: NU Online/Nurkhasan)
Acara gowes bersama pengurus Ansor di Kabupaten Tegal, Jateng (Foto: NU Online/Nurkhasan)

Tegal, NU Online
Tren sehat dengan bersepeda akhir-akhir ini tidak menjadi dominasi orang tua saja. Kaum muda Ansor Dermasandi, Pangkah, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah memanfaatkan gowes selain untuk kesehatan juga untuk jalin persahabatan.

 

"Ini sekaligus untuk ajang silaturahim di masa adaptasi kebiasaan baru pandemi Covid-19 19 tentunya harus disikapi dengan meningkatkan Imunitas bersama," ujar Ketua Pimpinan Ranting GP Ansor Dermasandi Moh Naelul Rizqoni, Ahad (30/8).

 

Dikatakan, saat ini memang bersepeda sedang senangi masyarakat secara luas, sehingga butuh adanya edukasi dalam bersepeda agar sesama pengguna jalan tetap merasakan aman dan nyaman. "Bersepeda salah satu fungsinya adalah peningkatan imunitas tubuh," ungkapnya.

 

Disampaikan, gowes bertajuk 'Sepeda Persahabatan' sebagai salah satu sarana olahraga yang aman dan nyaman mengambil rute perjalanan dimulai dari Sekretariat Ansor Dermasandi selanjutnya berkeliling seputaran wilayah Kecamatan Pangkah.

 

"Selama dalam perjalanan, pesepeda Ansor kami minta untuk tetap berjejer maksimal 2 sepeda dan tidak lebih supaya tidak mengganggu pengguna jalan yang lain, karena jalan ini milik bersama. 

 

"Adapun ketika di tengah jalan kami berpapasan dengan komunitas sepeda yang lain kami langsung saling sapa dan tetap untuk mengarahkan supaya bersama sama menjaga keselamatan dan kenyamanan bersama," sambungnya.

 

Menurut Rizqoni, belakangan ini bersepeda merupakan salah satu olahraga yang disenangi oleh masyarakat, sehingga banyak lahir pencinta sepeda baru di Kabupaten Tegal khususnya di kecamatan Pangkah. 

 

“Saya berharap nantinya olahraga bersepeda menjadi budaya di Kecamatan Pangkah, sehingga Imunitas tubuh dan kesehatan masyarakat akan meningkat. Untuk itu, saya mengajak seluruh kalangan masyarakat kembali menggalakkan olahraga raga, silahkan mau joging, bulutangkis, atau bersepeda,” katanya.

 

Kasatkorkel Banser Dermasandi Riyanto menambahkan, kegiatan sepeda persahabatan ini tidak lain sebagai upaya Ansor dan Banser Dermasandi dalam mendukung program Pemerintah dalam mewujudkan semangat hidup sehat di tengah Pandemi Covid 19. 

 

"Tidak hanya itu momentum ini juga menjadi bagian dari kegiatan usai pelantikan PR GP Ansor Dermasandi Periode 2020-2022. Dan ke depan kegiatan semacam ini akan terus dijalankan rutin," ungkapnya.

 

Dikatakan, sepeda persahabatan ini  sekaligus menjadi ajang mengeratkan persahabatan dan menjadi media sosialisasi pola hidup sehat baik bagi anggota Ansor dan Banser maupun masyarakat umum termasuk menjalankan protokol kesehatan Covid-19 dalam berolahraga.

 

“Sepeda persahabatan ini salah satu upaya menggerakkan kembali gerakan hidup sehat, untuk memasyarakatkan olah raga khususnya sepeda di era new normal,” katanya.

 

Dalam pelaksanaannya, kegiatan tersebut juga menerapkan protokol kesehatan dengan tidak dilakukan secara bergerombol, tetapi dibagi per rombongan adalah maksimal delapan sampai sepuluh orang dengan jarak antar rombongan 50-100 meter.

 

Diakhir acara dimanfaatkan untuk melepas lelah dan sharing tentang program Ansor dan Banser Dermasandi ke depan. Mengingat program kerja PR GP Ansor Dermasandi dan Banser Dermasandi lumayan banyak. 

 

Kontributor: Nurkhasan
Editor: Abdul Muiz
 

BNI Mobile