Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Hadapi Pilkada Serentak, Ini Sikap ISNU Demak  

Hadapi Pilkada Serentak, Ini Sikap ISNU Demak  
Kegiatan rakor PC ISNU Demak, Jateng (Foto: NU Online/Samsul Huda)
Kegiatan rakor PC ISNU Demak, Jateng (Foto: NU Online/Samsul Huda)

Demak, NU Online
Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Kabupaten Demak Jawa Tengah membebaskan anggotanya dalam menentukan pilihan pada saat berlangsungnya pemilihan bupati Demak yang akan digelar tanggal 9 Desember mendatang.

 

Ketua PC ISNU Demak Muhammad Ali Maskun mengatakan, perbedaan pilihan dalam pesta demokrasi bagi sarjana NU merupakan sebuah keniscayaan. Karena itu ISNU Demak tidak akan memobilisir warganya dalam menjatuhkan pilihan pada kontestan tertentu.

 

"Secara institusional ISNU Demak mendorong warganya untuk menggunakan hak pilihnya secara bertanggung jawab dalam pilkada 2020 ini," kata Ali Maskun saat menutup rapat koordinasi PC ISNU bersama 14 PAC ISNU se-Kabupaten Demak di Resto Kopi Pelangi Demak, Jumat (28/8).

 

Dikatakan, karena perbedaan pilihan sudah dipahami sebagai sebuah keniscayaan, maka munculnya perbedaan pilihan di antara angggota ISNU jangan sampai dijadikan pangkal kegaduhan di internal ISNU baik dinm level kabupaten maupun kecamatan.

 

"Di tiap-tiap kubu yang akan berkontestasi di pilkada, pasti di dalamnya ada aktivis atau eksponen ISNU. Karena dengan keprofesionalan, kompetensi, dan kelebihan tiap individu ISNU dibutuhkan oleh berbagai pihak, termasuk pihak-pihak yang berkompetisi dalam pilkada," ucapnya.

 

Dia menambahkan, justru adanya  ketidaksamaan pilihan dengan latar belakang yang seperti itu akan semakin memantapkan posisi salah satu badan otonom  NU  sebagai sumber rekrutmen kader pimpinan bangsa dan produsen sekaligus distributor kader yang siap berkontribusi di masyarakat.

 

Sementara itu, terkait dengan program PWNU Jateng yang saat ini sedang berjalan massif di PCNU se-Jateng yakni pendataan warga NU, pihaknya mendukung penuh. 

 

"ISNU Demak mendukung realisasi pendataan potensi warga NU melalui program Sistem Informasi Startegis Nahdlatul Ulama (SISNU) yang saat ini sedang berjalan massif. Warga ISNU Demak siap berpartisipasi mensukseskan program ini, kami siap membantu NU ditugasi apa saja, admin,opetarator atau apa saja," tuturnya.

 

Sekretaris PWNU Jateng H Hudallah Ridwan Naim kepada NU Online, Ahad (30/8) menyampaikan, dirinya merespons positif prakarsa yang diambil ISNU Demak untuk berkontribusi mensukseskan program ISNU di akar rumput.

 

"Sudah seharusnya perangkat yang ada di NU, baik lembaga maupun  badan otonom di semua tingkatan bergandengan tangan dengan erat mensukseskan program SISNU," pungkasnya.

 

Kontributor: Samsul Huda
Editor: Abdul Muiz
 

BNI Mobile