Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Istighotsah Usai Pelantikan, PMII Subang Perkuat Spiritualitas Pengurus Baru 

Istighotsah Usai Pelantikan, PMII Subang Perkuat Spiritualitas Pengurus Baru 
Suasana istighotsah usai pelantikan PMII Subang. (Foto: Dok. PMII Subang)
Suasana istighotsah usai pelantikan PMII Subang. (Foto: Dok. PMII Subang)

Subang, NU Online
Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Pengurus Cabang (PC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kabupaten Subang masa khidmat 2020-2021 resmi dilantik di Pesantren Al-Iqdam Kecamatan Compreng. Dalam prosesi pelantikan tersebut sekaligus digelar kegiatan Istighotsah Kubro, Ahad (30/8).


Ketua PMII Subang Sopyan Hendriyan mengatakan, digelarnya istighotsah usai pelantikan bertujuan untuk memperkuat wilayah spiritual pengurus baru. Selain itu, sebagai bentuk dukungan doa agar para pengurus dan organisasi yang mereka pimpin mendapat keberkahan dan mampu mengukir prestasi di kemudian hari.


"PMII Subang tidak boleh melupakan wilayah spiritualitasnya karena manusia terdiri dari jiwa dan raga. Keduanya harus bisa diberi nutrisi, dan nutrisi jiwa itu di antaranya adalah dengan istighotsah," ujar mahasiswa STAI Miftahul Huda Pamanukan, Subang itu.


Ditambahkannya, mayoritas pengurus PMII Subang adalah mahasiswa yang pernah mengenyam pendidikan pesantren. Sebagaimana diketahui, pesantren selalu menyeimbangkan pendidikan lahir maupun batin kepada para santrinya.


"Pesantren adalah bagian dari perjalanan kami. Makanya, pelantikan ini juga dilaksanakan di pesantren," tandas Sopyan, sapaan akrabnya.


Selain itu, lanjut dia, dalam teks lagu kebangsaan Indonesia Raya tertulis kalimat ‘Bangunlah jiwanya. Bangunlah badannya’. Penggalan lagu tersebut memberikan pelajaran bagi kita semua bahwa yang perlu dibangun terlebih dahulu adalah jiwa.


Nilai Dasar Pergerakan
Lebih lanjut, Sopyan mengutip Nilai Dasar Pergerakan (NDP) PMII yang memuat ajaran tauhid dan dikonsepsikan dalam hubungan dengan Allah (hablun minallah), hubungan dengan manusia (hablun minannas), dan hubungan dengan alam (hablun minal alam). 


"Saya kira istighotsah ini masuk dalam tiga pola hubungan tersebut. Apalagi saat ini dunia sedang diuji dengan musibah pandemi," tandasnya.


Ia menambahkan, dalam pelantikan yang tetap memperhatikan protokol kesehatan tersebut mengusung tema 'Mengetuk Pintu Langit, Memohon Keselamatan Bumi’ sebagai bentuk ikhtiar batin dalam menyelamatkan bumi dari musibah pandemi.


"Kita berharap dengan wasilah istighotsah ini menjadi salah satu doa yang dikabul oleh Allah SWT sehingga pandemi Covid-19 bisa segera berakhir," tuturnya.


Hadir dalam pelantikan tersebut perwakilan PB PMII, PKC PMII Jawa Barat, Mabincab PMII, PCNU, GP Ansor, unsur OKP dan para alumni PMII serta sejumlah PK PMII se-Kabupaten Subang. 


Kontributor: Aiz Luthfi
Editor: Musthofa Asrori

BNI Mobile