Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Meriahkan Muharram, Satkornas Banser Santuni Ratusan Anak Yatim

Meriahkan Muharram, Satkornas Banser Santuni Ratusan Anak Yatim
Ratusan anak yatim Sukoharjo Jateng terima santunan dari Satkornas Banser (Foto: NU Online/Imam Khusnin Ahmad)
Ratusan anak yatim Sukoharjo Jateng terima santunan dari Satkornas Banser (Foto: NU Online/Imam Khusnin Ahmad)

Sukoharjo, NU Online
Momentum bulan Muharam menjadi kesempatan istimewa bagi umat Islam dalam meningkatkan ibadah kepada Allah SWT. Salah satunya menyantuni anak yatim. Dalam kesempatan emas ini, Kepala Asisten Logistik Satkornas Banser H Khoirul Anam asal Sukoharjo, Jateng menyantuni ratusan anak yatim piatu di Sukoharjo.   

 

"Pembagian santunan melalui dua gelombang yakni pertama pagi jam 10.00 sampai Jam 12.00 Wib. Gelombang kedua, jam 13.00  sampai 15.30 Wib," ujarnya. 

 

Suasana tampak haru ketika penyerahan bingkisan yang terdiri uang, sembako, buku, dan pakaian di halaman rumahnya Jl Veteran Sukoharjo itu.

 

"Alhamdulillah ini sudah yang kedua kalinya dan Insyaalloh akan terus kami laksanakan baik di bulan Muharram maupun di bulan Ramadhan," ungkap H Khourul Anam kepada NU Online, Selasa (1/9). 

 

Dikatakan, acara santunan selain dalam rangka memperingati Muharram 1442 Hijriah, juga sekaligus melaksanakan intruksi Ketua Umum Pimpinan GP Ansor H Yaqut Cholil Qoumas, agar di bulan mulia ini anggota Ansor dan Banser sama-sama berbagi kebahagiaan bersama anak yatim dengan cara menyantuni mereka. 

 

Menurut Gus Yaqut, panggilan akrabnya bulan Muharram adalah bulan tarbiyah, bulan sakral dan satu di antara empat bulan yang Allah SWT mewajibkan hamba-Nya untuk menghormatinya. Karenanya menyantuni anak yatim adalah perbuatan yang mulia.

 

"Mudah-mudahan pemberian santunan ini bisa membahagiakan anak-anak yatim di di momentum Muharam ini. Karena sesuai Sabda Rasulullah SAW, barang siapa memberikan santunan kepada anak yatim piatu di bulan Muharam ini, Insyaallah akan mendapatkan pahala dari Allah SWT,” kata Gus Yaqut yang juga Panglima Tinggi Banser Nasional ini.

 

Ia menambahkan, santunan yatim piatu tersebut dilaksanakan dalam rangka wujud syukur penuh berkah suksesnya amanah H Khoirul Anam. 

 

"Kami mendorong agar kegiatan tersebut dapat dijadikan sebuah kebiasaan dalam hidup. Sebab fadhilah
dan karomah di bulan Muharram sangat melimpah, salah satunya yang paling banyak barakahnya yakni memberikan santunan anak kepada  yatim," pungkas Gus Yaqut yang juga anggota DPR RI dari Fraksi FKB ini. 

 

Kontributor: Imam Kusnin Ahmad
Editor: Abdul Muiz

BNI Mobile