Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Tingkatkan Ekonomi Warga NU, LAZISNU Kendal Dorong Kreativitas Bantuan

Tingkatkan Ekonomi Warga NU, LAZISNU Kendal Dorong Kreativitas Bantuan
LAZISNU Gemuh Kendal, Jateng salurkan bantuan gerobak motor (Foto: LAZISNU Kendal)
LAZISNU Gemuh Kendal, Jateng salurkan bantuan gerobak motor (Foto: LAZISNU Kendal)

Kendal, NU Online
Lembaga Amil Zakat, Infak, dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Kendal, Jawa Tengah mendorong LAZISNU yang ada di Kecamatan untuk kreatif dalam menyalurkan bantuan. Menurut Ketua LAZISNU Kendal Khusnul Huda, kreativitas bantuan akan mendongkrak perekonomian masyarakat, khususnya warga NU.

 

"Kami mendorong agar LAZISNU di tingkat kecamatan bisa kreatif menjawab persoalan yang dihadapi masyakat seperti LAZISNU Kecamatan Gemuh dengan bantuan gerobak motor untuk jualan," katanya.

 

Hal itu disampaikan kepada NU Online di Graha PCNU Kabupaten Kendal Jalan Sukarno-Hatta 299 Kecamatan Kendal, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Selasa (1/9).

 

Dijelaskan, persoalan yang dihadapi masyarakat demikian banyak. Untuk itu, LAZISNU sebagai salah satu lembaga Nahdlatul Ulama harus peka terhadap masyarakat, utamanya warga NU. 

 

"Alhamdulillah, program LAZISNU di Kendal terus berkembang. Mudah-mudahan lebih bisa menjangkau berbagai bentuk keluhan masyarakat," ujarnya.

 

Menurutnya, bantuan gerobak kepada Nur Rochim RT 03 RW 01 Desa Galih, dan Abdul Basir RT 03 RW 01 Desa Lumansari merupakan salah satu bentuk program sosial yang kreatif dalam membantu meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan pedagang kecil. 

 

"Sebelumnya LAZISNU Kendal juga pernah memberikan bantuan berupa gerobak untuk jualan nasi goreng dan bakso di Kecamatan Limbangan. LAZISNU Ringinarum, Plantungan, Weleri, dan yang lain juga pernah memberikan bantuan gerobak untuk jualan es jus. Alhamdulillah program pemberdayaan ekonomi sudah mulai jalan," ungkapnya.

 

Meski demikian lanjutnya, ia mengingatkan agar para penerima bantuan terus dimonitor perkembangannya. "Akan lebih baik lagi jika ada komunikasi lanjutan, dilihat bagaimana perkembangannya," tutur alumni alumnus PP Futuhiyyah Mranggen, Demak tersebut. 

 

Ketua LAZISNU Gemuh Mas'ud berharap bantuan gerobak tersebut bisa meningkatkan perekonomian para penerimanya. Pihaknya juga menyerahkan santunan kepada puluhan anak yatim dari berbagai desa di kecamatan Gemuh. 

 

"Tahun ini LAZISNU Gemuh konsentrasi pada pembangunan gedung MWC. Alhamdulillah, program pemberdayaan masyarakat dan santunan yatim tetap berjalan," ungkapnya. 

 

Program kreatif juga dilakukan LAZISNU Kecamatan Sukorejo Kendal yang pada 10 Muharram kemarin menggelar tahlil akbar, pemberian santunan kepada 29 anak yatim dan 32 duafa, dan khitan massal di Desa Bringinsari. Bahkan, Ketua LAZISNU Kecamatan Sukorejo, Suradji juga menjadi juru khitan.

 

“LAZISNU Sukorejo siap hadir memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada semua warga, terlebih pada warga NU, sunatan massal ini salah satu bentuknya,” terang Suradji.

 

Dia berharap masyarakat turut serta menyukseskan program-program dari LAZISNU mulai tingkat anak ranting dan ranting. Peserta khitan massal juga mendapatkan bingkisan dari LAZISNU Kecamatan Sukorejo. 

 

Kontributor: Ahmad Rifqi Hidayat
Editor: Abdul Muiz
 

BNI Mobile