Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download
PEDULI COVID-19

Meski Pandemi Corona, Ma'arif NU Jombang Bertekad Optimalkan Program Kerja

Meski Pandemi Corona, Ma'arif NU Jombang Bertekad Optimalkan Program Kerja
Rapat Pleno PC LP Ma'arif NU Jombang digelar memakai protokol kesehatan. (Foto: Istimewa)
Rapat Pleno PC LP Ma'arif NU Jombang digelar memakai protokol kesehatan. (Foto: Istimewa)

Jombang, NU Online
Pengurus Cabang (PC) Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif NU Kabupaten Jombang, Jawa Timur, mengintensifkan koordinasi di internal pengurus untuk memaksimalkan pelaksanaan program-programnya.


Ketua PC LP Ma'arif NU Jombang, Nur Khojin mengatakan, koordinasi terbaru diwujudkan dalam bentuk rapat pleno di Pesantren Babussalam, Kalibening, Kecamatan Mojoagung, Jombang. Rapat tersebut membedah sejumlah program kerja yang disepakati dalam Musyawarah Kerja Cabang (Muskercab) ke-4 PCNU Jombang.


Sejumlah pertemuan untuk membincangkan efektivitas pelaksanaan program, lanjut dia, belakangan ini memang harus terus dilakukan. Ini mengingat di samping jumlah program yang diemban oleh LP Ma'arif NU cukup banyak, juga dikarenakan situasi pandemi yang menuntut pengurus semakin kaya inovasi di dalam merealisasikan program.


"Ada 28 kegiatan LP Ma'arif NU Jombang yang disepakati pada forum Muskercab kemarin. Sudah dibedah sampai pada strategi pelaksanaannya," kata Khojin kepada NU Online, Kamis (3/8).


Ia menambahkan, kepengurusan LP Ma'arif NU tersebar hingga 21 kecamatan se-Kabupaten Jombang. Situasi ini juga yang mendorong pihaknya lebih intens melakukan koordinasi agar tugas dan tanggung dapat dilakukan dengan sebaik mungkin. 


"Koordinasi dengan lintas sektoral di lingkungan LP Ma'arif NU harus istiqamah dan terstruktur agar bisa mempercepat langkah-langkah pelaksanaan program," tandasnya.


LP Ma'arif NU di Kota Santri ini, imbuhnya, tidak sekadar murni menangani persoalan-persoalan pendidikan, tetapi ada program-program lain yang dikembangkan. Antara lain pendirian dan optimalisasi Jaringan Pengelolaan Zakat Infak dan Sedekah (JPZIS) Ma'arif NU yang berpusat di sejumlah sekolah dan madrasah binaannya.


"Untuk itu, rapat-rapat yang kita adakan mesti harus melibatkan lintas sektor. Tidak terkecuali pengurus Ma'arif MWCNU dan pengurus JPZIS. Ini untuk memastikan program-program yang sudah dirumuskan tidak terhambat oleh apapun," ungkapnya.


Ia menegaskan, semua pengurus LP Ma'arif NU di tingkat kabupaten, kecamatan hingga pengurus JPZIS Ma'arif se-Kabupaten Jombang komitmen untuk melaksanakan amanah yang mereka emban. Meskipun hari ini masih situasi pandemi.


"Mohon doa masyarakat terutama di lingkungan NU, semoga 28 program yang akan dilaksanakan bisa berjalan dengan baik, lancar, dan membawa kemanfaatan bagi pendidikan di lingkungan NU," ujarnya. 

 

Sementara itu, Pembina LP Ma'arif NU Jombang, H Taufik Jalil mengungkapkan, rapat pleno kali ini dikonsep dengan cukup menarik. Di samping karena diselenggarakan di tempat yang agak terbuka, di kawasan Pesantren Babussalam, juga ada selingan acara mancing bareng. Hal ini menurutnya sebagai upaya membangun kebersamaan dan kekompakan pengurus LP Ma'arif NU. 

 

"Saya percaya acara yang dikonsep dengan santai ini bisa menghasilkan hasil yang luar biasa. Dan acara mancing ini menambah keakraban dan kebersamaan, sehingga diharapkan pengurus LP Ma'arif NU nanti lebih kompak, solid, dan lebih sukses melaksanakan program-programnya," ucapnya.

 

Ia berharap, pengurus LP Ma'arif NU Jombang tidak pernah berhenti melakukan terobosan-terobosan inovatif untuk mewujudkan kualitas pendidikan di lingkungan NU. 

 

"Mudah-mudahan apa yang kita lakukan ini menjadi amal bakti kepada bangsa dan negara, menjadi amal ibadah di sisi Allah Swt, dan menjadi ikhtiar kita mendapatkan berkahnya para muassis NU," harap Kepala Kemenag Jombang ini.


Hadir pada rapat pleno jajaran pengurus harian LP Ma'arif NU, pengurus bidang, jajaran pengurus JPZIS Ma'arif NU, Pengurus Sakoma Ma'arif NU, para Ketua MWCNU Ma'arif se-Jombang, juga pembina PC LP Ma'arif NU Jombang. 


Pewarta: Syamsul Arifin
Editor: Musthofa Asrori

BNI Mobile