Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

BMTNU Jombang kian Dilirik Khalayak

BMTNU Jombang kian Dilirik Khalayak
Serah terima Nota Kesepahaman antara BMTNU Jombang dengan MIN 1 Jombang. (Foto: Istimewa)
Serah terima Nota Kesepahaman antara BMTNU Jombang dengan MIN 1 Jombang. (Foto: Istimewa)

Jombang, NU Online
Perjalanan Baitul Mal wat Tamwil Nahdlatul Ulama (BMTNU) Kabupaten Jombang, Jawa Timur terus memantik perhatian banyak pihak. Tidak hanya dari individu elemen masyarakat, tetapi juga datang dari komunitas masyarakat yang mengelola sebuah lembaga-lembaga tertentu. Mereka semua ingin merasakan layanan dan produk yang ada di BMTNU.


Salah satunya seperti Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Jombang yang secara resmi memilih BMTNU Jombang sebagai mitra kerja sama dalam mengembangkan pengelolaan keuangannya. Kerja sama yang ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman MoU antara kedua belah pihak itu dilaksanakan pada Jumat (4/8) di madrasah setempat.


"Alhamdulillah BMTNU melakukan MoU dengan MIN 1 Jombang, sekolahan memiliki kualitas unggul dengan jumlah siswa sekitar 1.300 anak. Ini kehormatan bagi kami BMTNU sudah bisa bekerja sama dengan madrasah ini," kata Ketua BMTNU Jombang Pusat, H Khoirul Anam.


Ia menyampaikan, pola kerja sama yang dibangun prinsipnya saling memberikan keuntungan dalam pengelolaan keuangan. MIN 1 Jombang nantinya akan menyimpan uang lembaganya di BMTNU untuk kemudian dikelola. Sementara BMTNU akan memberikan pelayanan terbaiknya melalui produk-produk yang ada di BMTNU.


"Layanan kami yang ada di lembaga berupa baitul mal atau mengumpulkan dana yang ada di lembaga itu, kemudian kita lanjutkan dengan wat tamwil-nya yang berupa pembiayaan, permodalan, dan sebagainya," ujarnya.


Dalam pembiayaan secara spesifik ia menyebut, MIN 1 Jombang ke depan bisa mengajukan pembiayaan untuk pengembangan gedung atau infrastruktur-infrastruktur yang lainnya. Pria yang kerap disapa Pak Anam ini memastikan, BMTNU akan melayani dengan sebaik mungkin.


Di samping itu, pengelola MIN 1 Jombang, baik guru atau staf nantinya bisa mengajukan pinjaman dana ke BMTNU untuk kebutuhan-kebutuhan di luar kelembagaan sekolah. Seperti pinjaman untuk pengembangan usaha-usaha produktif yang dimiliki oleh guru dan staf dengan bagi hasil yang bisa dikompromikan hingga di angka terkecil.


"Pastinya kami akan melayani pembiayaan kepada guru, staf, dan yang berkaitan dengan kelembagaan, dalam hal ini MIN 1 Jombang," terangnya.


Selain itu, lanjut dia, produk lain yang juga bisa dimanfaatkan oleh pengelola MIN 1 Jombang seperti produk sertifikasi guru dan pembiayaan talangan haji dan murah. "Ini akan kami siapkan dan kami jalankan demi kelancaran dan efektivitas kerja sama kami dengan MIN 1 Jombang," tuturnya.


Ia berharap, kerja sama ini bisa memberikan stimulus tersendiri bagi sekolah dan madrasah lainnya. BMTNU menurutnya sangat terbuka bagi lembaga pendidikan yang hendak menjalin kerja sama. 


"Semoga ini menjadi contoh untuk sekolahan-sekolahan yang lain bisa bergabung dengan BMTNU ke depan," pungkasnya.


Pewarta: Syamsul Arifin
Editor: Musthofa Asrori

BNI Mobile