Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Inilah Agenda Peringatan Hari Santri di Pringsewu pada Masa Pandemi

Inilah Agenda Peringatan Hari Santri di Pringsewu pada Masa Pandemi
Landmark Pringsewu (Foto: Istimewa)
Landmark Pringsewu (Foto: Istimewa)
Pringsewu, NU Online
Bulan spesial para santri di Indonesia sebentar lagi tiba. Bulan Oktober menjadi bulan yang ditunggu-tunggu oleh para santri karena ada momentum Hari Santri Nasional pada 22 Oktober. Peringatan Hari Santri pada tahun 2020 kali ini merupakan peringatan hari santri yang ke-6 kalinya sejak ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo pada 22 Oktober 2015 lalu.
 
Walaupun masih dalam masa pandemi Covid-19 yang belum pasti kapan berakhirnya, para santri di Kabupaten Pringsewu akan tetap menggelar berbagai rangkaian kegiatan menyambut dan menyemarakkan Hari Santri 2020. Tentunya, berbagai kegiatan yang akan digelar tahun ini tetap mengedepankan protokol kesehatan di antaranya melalui pemanfaatan perkembangan teknologi informasi.
 
Ketua Pelaksana Hari Santri H Munawir menjelaskan, ada dua jenis kegiatan yang akan dilaksanakan dan bakal diikuti oleh para santri serta pelajar di Bumi Jejama Secancanan Bersenyum Manis ini. “Kita akan melaksanakan dua kegiatan yakni jenis Kompetisi dan jenis Edukasi,” katanya Selasa (8/9).
 
Dua kegiatan ini akan dilaksanakan oleh panitia dengan menggandeng badan otonom dan lembaga yang membidanginya di antaranya Lembaga Rabitah Ma’ahid Islamiyyah (Asosiasi Pesantren NU), Lembaga Pendidikan Ma’arif, Lembaga Ta’lif wan Nasyr NU, IPNU dan IPPNU, dan yang lainnya.
 
Untuk kegiatan kompetisi, Hari Santri 2020 akan memperlombakan delapan cabang lomba yakni: Lomba Lalaran, Lomba Menghafal Biografi KH Hasyim Asy’ari dan Resolusi Jihad, Lomba Tahlil, Lomba Hadrah, Lomba Design Meme Hari Santri, Lomba Film Hari Santri, Lomba Semarak Hari Santri di Pesantren, dan Lomba Murattal Al-Qur’an.
 
“Mayoritas lomba ini akan dilakukan secara daring dengan memanfaatkan studio LTNNU di lantai tiga gedung NU Pringsewu. Dan karena bisa dijangkau oleh masyarakat luas, maka beberapa lomba akan dilaksanakan bertaraf nasional,” jelas Kiai Munawir.
 
Untuk teknis pelaksanaan, saat ini panitia sedang menyusun petunjuk teknis kompetisi termasuk jadwal pelaksanaannya. Dijadwalkan kegiatan gebyar kompetisi Hari Santri di Kabupaten Pringsewu akan dimulai pada akhir September 2020.
 
Sementara untuk kegiatan edukasi, panitia sementara sudah menyusun delapan kegiatan. Pada praktiknya nanti, bisa saja ada penambahan kegiatan secara insidentil. kedelapan kegiatan edukasi tersebut meliputi : Pelatihan Muharik Masjid dan Pesantren, Seminar Kupas Tuntas Materi Aswaja di Sekolah, Dialog Virtual Bersama Kiai Pesantren, Pelatihan Jurnalistik, Dialog dan Pagelaran Budaya, Seminar Santri dan Pelajar Milenial, dan Pelatihan Wirausaha Santri, dan Ziarah-Napak Tilas Ulama NU Pringsewu.
 
“Puncak acara Hari Santri akan ditandai dengan upacara dengan konsep dan mekanisme yang sedang dirancang seaman mungkin di tengah pandemi Covid-19. Mudah-mudahan dapat berjalan dengan lancar, aman, dan penuh keberkahan,” pungkasnya.
 
Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Syamsul Arifin 
BNI Mobile